Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diperkirakan 3.000-an Pasien Covid Belum Terdeteksi di Mimika

Jumlah pasien Covid-19 yang sembuh di Kabupaten Mimika terus meningkat. Kini proporsi pasien sembuh di banding total kasus mencapai angka 69 persen.
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra./Antara-Evarianus Supar
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra./Antara-Evarianus Supar

Bisnis.com, TIMIKA - Meski jumlah pasien sembuh dari infeksi Covid-19 terus meningkat, Kabupaten Mimika masih harus bersiap menghadapi kemungkinan penambahan jumlah pasien.

Diperkirakan jumlah warga yang terinfeksi Covid-19 namun belum terdekteksi mencapai angka 3.000-an.

Sementara itu jumlah pasien Covid-19 yang sembuh di Kabupaten Mimika terus meningkat. Kini proporsi pasien sembuh di banding total kasus mencapai angka 69 persen.

Jumah warga setempat yang telah dinyatakan sembuh mencapai 1.519 orang dari total 2.201 kasus terkonfirmasi positif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra di Timika, Senin (19/10/2020), mengatakan angka kesembuhan pasien Covid-19 di Mimika dalam dua hari terakhir jauh lebih tinggi dari temuan kasus baru terkonfirmasi positif.

"Dalam dua hari terakhir pasien yang dinyatakan sembuh dan selesai masa isolasi sebanyak 34 orang yaitu 14 pasien sembuh pada Sabtu (17/10) dan 20 pasien sembuh pada Minggu (18/10). Di sisi lain, kasus baru positif selama dua hari itu hanya 10 kasus yaitu lima kasus baru positif dilaporkan pada Sabtu (17/10) dan lima kasus baru positif dilaporkan pada Minggu (18/10)," jelasnya.

Menurut Reynold meningkatnya angka kesembuhan pasien Covid-19 di Mimika menjadi berita menggembirakan. Namun, warga diharapkan tetap waspada dengan selalu mematuhi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, terutama dalam hal menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan.

Sesuai data Posko Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Mimika, hingga kini masih terdapat 658 pasien terpapar virus Corona baru. Mereka menjalani perawatan dan isolasi baik di rumah sakit, shelter Wisma Atlet maupun di rumah masing-masing.

Angka kematian akibat terinfeksi virus Corona  di Mimika sampai saat ini tercatat sebanyak 24 kasus.

Pemkab Mimika tengah menyelesaikan renovasi Rusun Wisma Atlet di Kelurahan Timika Jaya SP2 Timika untuk dijadikan rumah sakit darurat penanganan pasien Covid-19.

Penyiapan Rusun Wisma Atlet untuk menampung atlet yang akan bertanding pada PON XX Papua pada Oktober 2021 itu untuk sementara waktu dijadikan rumah sakit darurat pasien Covid-19.

RSUD Mimika dan RSMM Timika tidak sanggup lagi menampung seluruh pasien Covid-19.

"Kami masih harus menyelesaikan jaringan listrik dan air bersih. Setelah itu kami akan menyiapkan tempatnya agar fasilitas tersebut layak dijadikan rumah sakit darurat untuk penanganan pasien Covid-19," kata Reynold.

Dinkes Mimika memperkirakan saat ini masih terdapat sekitar 3.000-an pasien Covid-19 di tengah masyarakat setempat yang belum terdeteksi.

Nantinya fasilitas Rusun Wisma Atlet SP2 Timika akan menampung pasien tidak berisiko tinggi yang sementara ini menjalani perawatan baik di RSUD Mimika maupun RSMM Timika.

"Pasien yang masih membutuhkan perawatan serius akan dirawat di lantai satu, sementara pasien dengan gejala ringan akan ditempatkan di lantai dua. RS darurat ini bisa menampung sekitar 40 pasien," jelasnya.

Penyiapan Rusun Wisma Atlet SP2 untuk dijadikan RS Darurat pasien Covid-19 dimaksudkan agar beban kerja di RSUD Mimika dan RSMM Timika bisa berkurang.

"Dengan membeludaknya pasien yang sekarang ini dirawat di rumah sakit, tentu mereka kewalahan baik dari sisi tenaga, peralatan maupun obat-obatan. Ini memang menjadi masalah serius karena setiap hari orang yang terpapar Covid-19 terus bertambah," ujarnya.

Semua itu, terjadi karena warga sangat tidak disiplin, lalu menganggap remeh soal penyakit ini. Bahkan ada orang yang hingga hari ini masih tidak percaya adanya penyakit ini, tambah Reynold.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper