Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksinasi Covid-19, TNI - Polri di Papua Barat Masuk Kelompok Prioritas

Personel TNI dan Polri menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19 di Papua Barat.+
Ilustrasi/Antara-Reuters
Ilustrasi/Antara-Reuters

Bisnis.com, MANOKWARI - Personel TNI dan Polri masuk kelompok garda terdepan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

Oleh karena itu, mereka termasuk dalam bagian yang mendapat prioritas vaksin Covid-10 selain kelompok rentan yang ada.

Saat ini Provinsi Papua Barat sedang mematangkan persiapan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19.

Juru bicara pemerintah Provinsi Papua Barat pada penanganan Covid-19 dr Arnoldus Tiniap menyebutkan tahap pertama vaksinasi akan dilakukan terhadap kelompok rentan. 

Mereka terutama yang berada pada garda terdepan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. 

"Pendataan masih berlangsung. Sesuai petunjuk pusat yang kita data adalah tenaga kesehatan di seluruh kabupaten kota termasuk relawan, petugas yang bekerja di fasilitas kesehatan dari tenaga administrasi, petugas kebersihan, supir sampai security karena mereka juga berada dalam lingkaran penanganan Covid-19," ujar dr Arnoldus di Manokwari, Senin (16/11/2020).

Arnold belum mengetahui pasti waktu pelaksanaan termasuk sasaran vaksinasi tahap pertama ini. Program tersebut dilaksanakan pemerintah pusat dengan sumber pembiayaan dari APBN.

"Kita di daerah hanya diminta data. Setelah pendataan selesai akan langsung kita serahkan ke pusat melalui Kementerian Kesehatan," katanya menambahkan.

Sesuai rencana awal pemerintah pusat, lanjut Tiniap, vaksinasi Covid-19 akan dimulai pada pekan ketiga November 2020. Kendati demikian pihaknya masih menunggu kepastian dari Kementerian Kesehatan.

Dia menyebutkan, sesuai data awal, jumlah tenaga kesehatan meliputi dokter hingga perawat di Papua Barat sekitar 5.000 orang. Jumlah itu belum termasuk petugas kebersihan, tenaga administrasi, supir rumah sakit serta security.

"Kalau keseluruhan datanya pasti akan jauh lebih banyak. Dari pendataan ini nanti kita bisa mengetahui dan pendataan sekarang sedang berlangsung di seluruh kabupaten dan kota," ujarnya.

Arnold menambahkan bahwa TNI dan Polri pun akan menjadi sasaran dalam vaksinasi ini. Mereka masuk kelompok garda terdepan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

"Cuma, apa data mereka nanti masuk ke dinas atau langsung ke Markas Besar TNI dan Polri kami belum tahu. Yang pasti mereka juga adalah garda terdepan dalam pencegahan Covid-19," kata Arnold.

Arnold berharap masyarakat, termasuk pelaku usaha tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, meskipun vaksin Covid-19 telah ditemukan.

"Untuk program vaksinasi bagi masyarakat umum kita belum tahu. Pada tahap pertama ini vaksinasi untuk masyarakat umum belum," ujar Arnold.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper