Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Pejagan-Pemalang Bakal Miliki Rest Area Terindah, Ini Sebabnya

Rest area KM 260 B di ruas tol Pejagan - Pemalang diyakini akan jadi rest area terindah di Indonesia.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau bekas pabrik gula di Brebes./Dok Humas Pemprov Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau bekas pabrik gula di Brebes./Dok Humas Pemprov Jateng

Bisnis.com, BREBES - Rest area KM 260 B di ruas tol Pejagan - Pemalang diyakini akan jadi rest area terindah di Indonesia. Pasalnya, perpaduan eksotisme bangunan serta kelezatan kuliner khas akan jadi daya tarik tiada duanya.

Rest area atau TIP (Tempat Istirahat dan Pelayanan) KM 260 B merupakan hasil kerja konsorsium BUMN di bangunan bekas pabrik gula (PG) Banjaratma. PG yang masuk sebagai cagar budaya ini dibangun pada tahun 1908 oleh perusahaan gula asal Belanda N.V. Cultuurmaatschappij (perusahaan perkebunan yang berpusat di Amsterdam).

"Ini akan jadi the best rest area dan secara arsitektur akan jadi De Tjolomadoe 2. Bahkan tidak sekadar rest area, ini juga akan jadi destinasi wisata yang bisa kita kembangkan untuk pertunjukan," kata Ganjar dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis Rabu (16/1/2019).

Merenovasi bangunan cagar budaya memang tidak gampang. Karena harus taat pada nilai-nilai sejarah, salah satunya tidak boleh mengubah nilai artistik dan esensi awal bangunan. Terlebih pada masanya, PG Banjaratma ini sekaligus menjadi tempat penelitian atau proefstations.

Memasuki bangunan tersebut Ganjar menyimak langsung bekas-bekas ruang dan peralatan seperti menyusuri perjalanan pembuatan gula pada masa lalu. Dari tungku, mesin "roda gila" dan lorong-lorong bekas pencipta uap, mengingat pabrik gula ini dulunya menggunakan teknologi uap air bukan kayu maupun batubara.

"Bahkan tidak sekadar rest area, ini juga akan jadi destinasi wisata yang bisa kita kembangkan untuk pertunjukan. Tinggal yang mengelola ini buruh kreasi dan inovasi," katanya.

Dengan segala keunggulan arsitektur tersebut, Ganjar yakin TIP KM 260 B tersebut mampu menarik minat pengendara untuk singgah. Terlebih UMKM dari Brebes dan sekitarnya juga akan memenuhi booth-booth berukuran 2 x 2,5 meter yang tersedia. Untuk booth UMKM kecil ada sekitar 64 stand, sedangkan untuk yang besar ada sekitar 52 booth. UMKM akan berdiri di lahan 5 hektare. Sedangkan total rest area ada 11 hektare.

"Akan ada 70% UMKM di sini, sisanya produk lain. Kita berharap produk-produk Brebes dan sekitarnya bisa masuk. Kalau dulu ada yang bilang: pak karena tol tidak ada lagi yang beli telur asin. Nah sekarang saatnya. Insya Allah sebelum lebaran tahun ini selesai," ujarnya.

Harapan saya, lanjut Ganjar, akan ada workshop-workshop yang orang-orang bisa mencoba dan berbagi pengalaman. Umpama membatik atau membuat masakan berbahan dasar telur asin.

"Atau barangkali akan ada lomba masak berbahan telur asin di sini dan kita undang master chef ke sini agar jadi tempat yang menarik," katanya.

TIP ini akan jadi rest area tipe A, yang berarti akan memiliki sejumlah fasilitas seperti SPBU, masjid, bengkel, klinik, parkir kendaraan kecil dan berat.

Janu Widayatno, Site Engineer Manager, mengatakan proyek ini merupakan percontohan konsorsium BUMN untuk pengembangan UMKM di daerah sekitar jalur tol.

"Ini akan dikelola PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). Sinergi proyek ini antara Jasa Marga, Waskita Tol Road, Pembangunan Perumahan Properti, RNI dan PPI serta PT Perkebunan Nusantara (PTPN) sebagai pemilik lahan. Ada empat rest area konsorsium BUMN di Jateng, KM 260 B, KM 360, Salatiga dan Sragen - Ngawi," katanya.

Tol Pejagan-Pemalang Bakal Miliki Rest Area Terindah, Ini Sebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper