Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Petugas Pemilu Meninggal, Ganjar Usul Pemilu Tidak Serentak

Proses pemilihan umum (pemilu) serentak pada 17 April lalu menyisakan sejumlah catatan.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Proses pemilihan umum (pemilu) serentak pada 17 April lalu menyisakan sejumlah catatan.

Yang paling mendapat perhatian adalah banyaknya petugas pelaksanaan pemilu, baik aparat keamanan maupun anggota KPPS yang meninggal dunia dalam proses tersebut.

Data terakhir mencatat, sebanyak 139 petugas pemilu 2019 yang meninggal dunia. Dari jumlah tersebut, 25 diantaranya adalah petugas pemilu di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya para petugas demokrasi itu.

Dirinya mengatakan, akan memberikan santunan kepada keluarga petugas pemilu di Jawa Tengah yang meninggal dunia maupun yang dirawat di rumah sakit.

"Insyaalah Jumat besok akan kita berikan santunan. Tidak hanya yang meninggal saja, tapi yang sakit juga akan kami berikan," kata Ganjar Rabu (24/4/2019).

Ganjar mengatakan sudah mendapat laporan nama dan alamat petugas pemilu 2019 yang meninggal atau yang sakit. Untuk besaran santunan Gubernur dengan ciri khas rambut putih tersebut merahasiakannya.

"Nanti akan kami datangi sebagai bentuk solidaritas. Soal santunan sudah kami siapkan," terangnya.

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, ternyata memang pemilu tahun ini cukup menjadi perhatian kita. Ada sejumlah catatan-catatan, baik tentang kesehatan maupun tekanan bekerja.

"Sehingga kayaknya kita mesti mereview ulang agar ke depan jauh lebih baik. Apa yang terjadi ini harus dievaluasi total," tegasnya.

Pelaksanaan pemilu serentak, yakni melaksanakan pemilihan calon presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota lanjut Ganjar mesti dievaluasi ulang.

Sebab dengan pelaksanaan serentak itu, maka pelaksananya membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar.

"Ya, rasanya mungkin pelaksanaannya tidak serentak kali ya, atau penyerentakannya bisa ditata ulang. Mungkin serentak secara Nasional saja, Provinsi saja dan Kabupaten/Kota saja. Sehingga tidak membutuhkan tenaga, pikiran bahkan jiwa seperti ini," tegasnya.

Sekedar diketahui, pelaksanaan pemilu 2019 memakan banyak korban. Ratusan petugas pemilu baik dari kepolisian, Panwaslu, KPPS atau petugas TPS yang meninggal dunia karena diduga kelelahan saat melaksanakan proses pemilu.

Di Jawa Tengah, ada 25 petugas pemilu yang meninggal dunia. 25 petugas yang meninggal itu tersebar di Kabupaten Demak, Banyumas, Sukoharjo, Banjarnegara, Purbalingga, Grobogan, Rembang, Magelang, Klaten, Batang, Kudus, Pekalongan, Kendal, Pemalang, Semarang dan Brebes.

Selain 25 orang yang meninggal dunia itu, KPU mencatat ada 97 petugas TPS yang kelelahan dan harus dirawat di rumah sakit. Bahkan, tiga orang diantaranya mengalami keguguran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper