Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bawaslu Jateng Pelototi Kampanye Terselubung Bansos Covid-19

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah meminta kepada semua pihak tidak melakukan kampanye terselubung di tengah wabah Covid 19, terkait pelksanaan Pilkada di 21 wilayah Jateng.
Logo Pilkada Serentak 2020 - ANTARA/HO-KPU
Logo Pilkada Serentak 2020 - ANTARA/HO-KPU

Bisnis.com, SEMARANG -  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah meminta kepada semua pihak tidak melakukan kampanye terselubung di tengah wabah Covid 19, terkait pelksanaan Pilkada di 21 wilayah Jateng.

Komisioner Bawaslu Provinsi Jateng Rofiudin menilai semua pihak harus bersama-sama memerangi dan mencegah penyebaran Covid 19. Berbagai pihak juga bisa memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat yang memang perlu dibantu.

“Bawaslu Jawa Tengah mendesak agar pemberian bantuan itu tak disalahgunakan atau dimanfaatkan untuk kepentingan pencitraan maupun popularitas dalam pilkada 2020. Apalagi, jika pemberian bantuan tersebut bersumber dari anggaran negara ataupun dana publik lainnya,” kata Rofiudin Rabu (5/8/2020).

Dia memperingatkan agar bantuan tersebut tidak dimanfaatkan untuk kampanye terselubung, seperti dengan cara menempeli bantuan itu dengan gambar atau stiker bergambar bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah.

Atau bantuan tersebut diselipi pesan-pesan tertentu yang arahnya untuk kepentingan politik. Maka sudah seharusnya, bantuan tersebut diniatkan untuk mengedepankan pelayanan dan membantu masyarakat, bukan untuk kepentingan pencitraan dan popularitas.

“Sangat tidak etis jika adanya musibah Covid 19 dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis,” tambahnya.

Bawaslu di Jawa Tengah, lanjutnya, akan terus melakukan pengawasan terhadap proses Pilkada 2020.

Rofiudin menegaskan jika dalam pengawasan itu ditemukan adanya dugaan pelanggaran maka akan segera diusut dan ditangani sesuai dengan ketentuan. Jika temuan itu memenuhi unsur pidana maka akan diproses pidana pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper