Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Jepara Kembali Masuk Zona Merah Covid-19

Agar Kabupaten Jepara bisa turun menjadi zona oranye, maka perlu ada upaya tegas.
Rapid test antigen SD BioSensor
Rapid test antigen SD BioSensor

Bisnis.com, JEPARA - Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kembali masuk zona merah dengan risiko penularan Virus Corona jenis baru penyebab Covid-19 tinggi, di mana  jumlah temuan kasus Covid-19 hingga kini mencapai 5.059 kasus.

"Sesuai hasil penghitungan skor masuk zona merah per tanggal 18 Januari 2021 karena skornya 1,80. Sedangkan, di peta risiko di laman https://covid19.go.id baru muncul hari Rabu (20/1/2021) ini," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jepara Muh Ali di Jepara, Rabu (20/1/2021).

Pada laman https://corona.jepara.go.id/ per 20 Januari 2021, disebutkan jumlah kasus terkonfirmasi positif  Covid-19 di Jepara mencapai 5.059 kasus, positif Covid-19 aktif sebanyak 1.156 kasus, dan meninggal 323 kasus, sedangkan sembuh sebanyak 3.580 kasus.

Menurut dia, penyebab Kabupaten Jepara kembali turun menjadi zona merah karena kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan sehingga kasus baru Covid-19 terus menanjak grafiknya.

Sedangkan, upaya lain yang dilakukan Tim Satgas sudah cukup baik, termasuk dalam hal penelurusan kontak hingga pengobatan terhadap pasien.

Ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 di semua rumah sakit rujukan, kata Muh Ali, juga tersedia, meskipun ketersediaan ventilator masih perlu penambahan.

Keterbatasan alat ventilator di beberapa rumah sakit di Kabupaten Jepara, memang berdampak, sehingga ada pasien yang dirujuk ke rumah sakit di luar Jepara.

Agar Kabupaten Jepara bisa turun menjadi zona oranye, maka perlu ada upaya tegas dalam mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya sanksi terhadap masyarakat yang tidak patuh prokes yang memberikan efek jera.

"Jika sanksinya hanya sekadar kerja sosial atau lainnya kelihatannya belum memberikan efek jera. Tentunya perlu mencoba penerapan sanksi yang bisa memberikan efek jera, seperti pemberian denda," kata Muh Ali.

Tanpa ada efek jera, masih banyak masyarakat di Jepara yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper