Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bersama Mobil SiMolek Edutainment OJK, Bank Jateng Galakkan Inklusi Keuangan

Bank Jateng Cabang Surakarta memanfaatkan mobil SiMolek Edutainment untuk melakukan sosialisasi gerakan Gemar Menabung pada siswa-siswi SMP 10 Surakarta.
Istimewa/Bank Jateng
Istimewa/Bank Jateng

Bisnis.com, SEMARANG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menggalakkan kegiatan literasi keuangan kepada masyarakat. Hal tesebut sejalan dengan amanat Peraturan Presiden No.82/2016 yang menargetkan pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024 mendatang.

Untuk mendukung capaian tersebut, OJK Solo telah menyediakan Sarana Informasi Mobil Literasi dan Edukasi Keuangan (SiMolek) Edutainment. Fasilitas itu dapat digunakan Industri Jasa Keuangan (IJK) di wilayah Solo Raya untuk melakukan edukasi kepada masyarakat.

Pada pengujung November lalu, Bank Jateng Cabang Surakarta memanfaatkan mobil SiMolek Edutainment untuk melakukan sosialisasi gerakan Gemar Menabung pada siswa-siswi SMP 10 Surakarta. Tak cuma dibekali pengetahuan keuangan, para pelajar juga diajak mengikuti berbagai permainan yang diharapkan dapat memotivasi mereka untuk mulai menabung.

Tim yang berasal dari Bank Jateng juga memberikan penjelasan mengenai manfaat menabung sejak dini untuk masa depan melalui produk Simpanan Pelajar (SimPel). Produk tersebut juga merupakan inisiatif OJK untuk memperluas akses keuangan masyarakat, khususnya pada kelompok usia pelajar.

Melalui SimPel, para pelajar mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) bisa dibiasakan dan diajarkan untuk mengelola uangnya. Lebih lanjut, SimPel juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman orang tua dan komunitas sekolah mengenai layanan keuangan.

Sebagai informasi, untuk membuka tabungan SimPel, masyarakat hanya perlu memenuhi sejumlah syarat sederhana. Selain mengisi formulir pembukaan tabungan, calon nasabah yang masih pelajar dan orang tuanya mesti menyiapkan fotokopi akta kelahiran, kartu pelajar, kartu keluarga, serta melakukan setoran awal sebesar Rp5.000.

Djaka Nur Sahid, Pemimpin Bank Jateng Cabang Surakarta, memberikan dukungan penuh atas kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan peningkatan literasi keuangan tersebut perlu untuk dilakukan, khususnya kepada pelajar. "Sehingga harapannya mengenalkan dan mengajarkan masyarakat mengenai layanan keuangan perbankan bisa dimulai sedari dini," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Siaran Pers

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper