Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Semarang-Demak Dipastikan Siap Beroperasi Penuh Saat Nataru

Tol Semarang-Demak Seksi II saat ini kembali ditutup untuk finishing. Beberapa sarana prasarana pendukung akan dirampungkan sebelum 15 Desember mendatang.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melakukan pengecekan Tol Semarang-Demak Seksi II./Istimewa.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melakukan pengecekan Tol Semarang-Demak Seksi II./Istimewa.

Bisnis.com, SEMARANG - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mulai mengecek persiapan infrastruktur pendukung. Salah satunya kesiapan Tol Semarang-Demak Seksi II yang belum lama ini diuji laik fungsi (ULF).

Pengecekan dilakukan Ganjar di sela kunjungan kerjanya ke daerah, Rabu (7/12/2022). Mantan anggota DPR itu disambut Kepala Dinas PU, Bina Marga dan Cipta Karya Hanung Triyono dan perwakilan Dishub.

“Saya mau ke Pati, jadi karena kemarin kita tutup lagi untuk membereskan di seksi II saya memantau arus lalu lintasnya,” tutur Ganjar.

Ganjar yang datang dari arah Semarang, melihat lalu lintas dalam keadaan ramai lancar. Tidak ada kemacetan parah seperti pada beberapa pekan lalu.

“Ternyata jembatan Wonokerto cukup membantu. Jadi artinya ketika kemarin dalam kondisi macet luar biasa ini dibuka ini sangat membantu,” katanya.

Dari kondisi lalin yang membaik, Ganjar menuturkan, Tol Semarang-Demak Seksi II saat ini kembali ditutup untuk finishing. Beberapa sarana prasarana pendukung akan dirampungkan sebelum 15 Desember mendatang.

“Sekarang arus lalu lintasnya sudah jalan sudah bagus, kita perbaiki lagi di sini untuk dibereskan. Jadi pemberesannya PJU, lampu tambahan, cctv yang kurang dan tes loading,” kata Ganjar.

Mantan anggota DPR RI itu mengatakan, pemberesan itu akan dipercepat. Harapannya setelah 15 Desember, Tol Semarang-Demak sudah bisa dioperasionalkan kembali untuk Nataru.

“Mudah-mudahan tanggal 15 sudah bisa dibuka kembali sehingga Nataru sudah siap. Tadi saya coba lewat dari sana sampai dengan titik pintu masuk tol ini alhamdulillah lalu lintas lancar, yang kemarin mengerikan itu bisa terurai. Nah Mudah-mudahan finishingnya nanti bisa lebih bagus lah,” katanya.

Pantauan di lapangan, tampak para pekerja melakukan pemberesan di sepanjang Tol Semarang-Demak Seksi II. Gate exit Tol Demak juga tampak lebih meriah dengan penambahan ikon Demak di bagian atasnya.

Seperti diketahui, Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 km dan terbagi menjadi dua seksi. Seksi 1 (Semarang-Sayung) sepanjang 10,69 km dan Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 kilometer. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper