Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Perumahan Top di Semarang yang Bebas Banjir

Pastikan memilih lokasi hunian yang tidak berada di area Daerah Aliran Sungai (DAS), tidak berada di area cekungan, dan tidak berada di area yang rawan rob.
Amaya Home Resort yang dikembangkan oleh PT Kota Satu Properti Tbk. /Foto: Istimewa
Amaya Home Resort yang dikembangkan oleh PT Kota Satu Properti Tbk. /Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG — Curah hujan tinggi serta perubahan fungsi lahan di kawasan Semarang dan sekitarnya berdampak pada peningkatan risiko terjadinya bencana banjir. Tak hanya di kawasan Semarang bagian bawah, belakangan banjir juga terjadi di kawasan Semarang atas hingga Ungaran di Kabupaten Semarang.

Bagi masyarakat, bencana banjir di musim penghujan tentunya menjadi mimpi buruk. Selain menganggu aktivitas sehari-hari, banjir yang terjadi juga berpotensi menimbulkan kerugian materil dari rusaknya kendaraan, peralatan rumah tangga, hingga hunian.

Untuk menanggulangi hal tersebut, pemilihan lokasi hunian menjadi penting untuk dipertimbangkan. Beberapa faktor yang perlu menjadi perhatian adalah jarak lokasi hunian yang tidak terlalu dekat dengan Daerah Aliran Sungai (DAS), tidak berada di area cekungan, juga tidak berada di wilayah yang berpotensi tergenang rob jika berlokasi di pesisir utara Kota Semarang.

Dari sejumlah pertimbangan di atas, ada beberapa lokasi hunian yang bisa menjadi pilihan bagi warga Kota Semarang dan sekitarnya. Tak mesti berlokasi di kawasan Semarang bagian atas, sebagian perumahan tersebut juga berlokasi di Semarang bagian bawah.

1. Amaya Home Resort

Perumahan bergaya resort milik PT Kota Satu Properti Tbk (SATU) itu berlokasi tak jauh dari kaki gunung Ungaran. Retno Wulandari, Operational Manager Amaya Home Resort, menjelaskan bahwa penghuni perumahan itu tidak perlu khawatir ketika memasuki musim penghujan. Pasalnya, Amaya Home Resort sudah memiliki sejumlah strategi untuk meminimalkan risiko banjir di lokasi hunian.

Pengelola Amaya Home Resort membangun kolam retensi yang bertujuan menampung air hujan sebelum disalurkan ke sungai besar. Setiap tahun, pengelola juga rutin melakukan normalisasi sungai. Retno menambahkan, upaya pengendalian banjir bahkan telah dilakukan Amaya Home Resort sejak perencanaan pembangunan.

"Kami lakukan penghijauan supaya resapan airnya bagus. Posisi infrastruktur kami juga paving, jadi airnya turun. Bukan aspal yang menghambat penyerapan air hujan, itu sudah dipertimbangkan," ujar Retno, Kamis (26/1/2023).

Retno menyebut, pohon yang rindang serta bentang alam diharapkan mampu membuat betah para penghuni Amaya Home Resort. "Tidak sekedar indah, tapi juga fungsional dalam meminimalkan risiko banjir," tambahnya.

2. BSB Village Semarang

Hunian ini berlokasi di Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Mengusung konsep hunian modern bernuansa alam, Perumahan Bukit Semarang Baru (BSB) Village Semarang berada di ketinggian 250 mdpl.

 

BSB Village Semarang dilengkapi dengan danau yang juga berfungsi sebagai penampungan air hujan. Selain itu, taman aktif dan pasif juga menambah ruang terbuka hijau dan titik resapan air.

Kawasan tersebut menempati lahan seluas 65 hektare. Sementara ini, ada 1.061 unit hunian yang sudah terjual. Tak cuma menjual hunian, BSB Village Semarang juga menawarkan area komersial yang berfungsi sebagai tempat berkumpul dan beristirahat bagi para penghuninya.

3. Graha Candi Golf

Dengan kontur perbukitan yang khas, Graha Candi Golf tak cuma menawarkan hunian bebas banjir tapi juga hunian dengan pemandangan yang hijau dan asri. Perumahan tersebut berdiri sejak 1997 silam dan menjadi satu-satunya perumahan di Jawa Tengah dengan lapangan golf di dalam kawasan.

Graha Candi Golf dibangun dengan memperhatikan konsep pembangunan berkelanjutan. Selain keasrian alam yang terjamin, para penghuni juga dimanjakan dengan sejumlah fasilitas yang tersedia di perumahan itu. Sebut saja lapangan golf, lapangan tenis, Mondial School, hingga pusat bisnis.

4. Citra Grand

Perumahan elit di kawasan Semarang bagian atas itu dikelola oleh Ciputra Group. Sebagai kota mandiri, Citra Grand menempati lahan seluas 60 hektare lengkap dengan sejumlah fasilitas penunjang seperti area komersil, taman bermain, serta klaster privat.

Posisinya yang berada di wilayah perbukitan menjadikan Citra Grand sebagai salah satu hunian bebas banjir di Kota Semarang.

5. Griya Lestari

Di wilayah barat Kota Semarang, tepatnya di Kecamatan Ngaliyan, ada perumahan Griya Lestari yang bisa menjadi salah satu pilihan hunian bebas banjir. Perumahan yang berdiri sejak tahun 1997 tersebut dikembangkan di atas lahan seluas 30 hektare.

Sama seperti hunian-hunian lain yang disebutkan di atas, Griya Lestari juga berdiri di atas kawasan perbukitan Kota Semarang. Bangunan di perumahan itu didesain dengan memadukan arsitektur modern dan aksen kayu. Hunian itu juga memiliki tema-tema unik di tiap klasternya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper