Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KUR Bank Jateng Kudus Tersalurkan Rp41,1 Miliar pada Lima Bulan

KUR untuk plafon pinjaman kurang dari Rp100 juta tanpa agunan. Sedangkan plafon pinjaman lebih dari Rp100 juta harus dengan agunan.
Kantor Bank Jateng Cabang Kudus, Jawa Tengah./Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif.
Kantor Bank Jateng Cabang Kudus, Jawa Tengah./Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif.

Bisnis.com, KUDUS - Bank Jateng Cabang Kudus, Jawa Tengah, mencatat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) selama Januari hingga Mei 2023 mencapai Rp41,1 miliar, kata Direktur Bank Jateng Cabang Kudus Sumbodo.

"Kami pastikan hingga akhir tahun penyalurannya juga bisa bertambah karena baru lima bulan sudah tersalur Rp41,1 miliar," ujarnya di Kudus, Selasa (30/5/2023).

Apalagi, kata dia, masing-masing cabang Bank Jateng bisa menyalurkan KUR sebanyak mungkin karena tidak ada target khusus untuk masing-masing cabang.

Alokasi KUR dari pemerintah yang diterima Bank Jateng untuk wilayah Jateng pada 2023 sebesar Rp8 triliun. Alokasi ini naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada penyaluran KUR tahun lalu, imbuh dia, untuk tingkat Jateng memang cukup besar karena pada September 2023 alokasi KUR yang diterima sudah tersalur, sehingga ada pengajuan tambahan alokasi KUR ke pusat.

Masyarakat yang berminat meminjam permodalan melalui KUR, untuk plafon pinjaman kurang dari Rp100 juta tanpa agunan. Sedangkan plafon pinjaman lebih dari Rp100 juta harus dengan agunan.

Meskipun dalam penyalurannya tanpa agunan, Bank Jateng Cabang Kudus tetap menerapkan prinsip kehati-hatian untuk meminimalkan kemungkinan terjadi kredit macet.

Mitigasi risiko kredit macet dinilai cukup membuahkan hasil karena tingkat rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) untuk saat ini hanya 1,5 persen sehingga masih cukup rendah.

Untuk memastikan perkembangan usaha nasabahnya, Bank Jateng juga intensif melakukan monitoring guna memastikan usahanya tetap berjalan normal sehingga pembayaran angsurannya juga berjalan dengan baik. Jika usahanya tidak berkembang, maka kemampuan mengangsur setiap bulan juga ikut terganggu.

Untuk itu, Bank Jateng Cabang Kudus selalu berupaya mendidik para penerima KUR untuk bersikap disiplin dan memiliki keseriusan mengembangkan usaha menjadi lebih maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper