Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Legenda Atletik Purnomo Yudhi Berpulang, Indonesia Kehilangan

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan berpulangnya legenda atletik Indonesia Purnomo Muhammad Yudhi merupakan sebuah kehilangan
Menpora Imam Nahrawi melayat legenda atletik Indonesia Purnomo Yudhi
Menpora Imam Nahrawi melayat legenda atletik Indonesia Purnomo Yudhi

Bisnis.com, TANGERANG SELATAN – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan berpulangnya legenda atletik Indonesia Purnomo Muhammad Yudhi merupakan sebuah kehilangan, bukan saja di kalangan olahragawan semata tapi bagi seluruh bangsa Indonesia.

"Kita semua berduka hari ini, bangsa Indonesia, masyarakat olahraga, atas kepergian Pak Purnomo," kata Iman setelah melayat ke rumah duka di Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (15/2/2019).

Purnomo, kata Menpora, merupakan pelari cepat yang kerap menjadi sumber inspirasi bukan saja bagi para pelari tapi atlet-atlet Indonesia cabang lainnya. "Seorang sprinter yang menginspirasi agar bisa mencapai panggung olimpiade," ucapnya.

Bahkan, ketika pada akhirnya harus bolak balik masuk rumah sakit karena kanker kelenjar getah bening yang dideritanya sejak 2015, semangat Purnomo tak pernah padam. "Itulah semangat seorang atlet," kata Imam.

Menpora berpesan agar semangat Purnomo bisa diteruskan oleh atlet-atlet muda, khususnya dari nomor lari cepat.

Lebih lanjut, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) diharapkan bisa menjaga semangat Purnomo sebagai spirit yang diemban federasi untuk menorehkan prestasi terbaik bagi Indonesia.

Purnomo meninggal pada 09.45 WIB, Jumat, di RS Pondok Indah Bintaro pada usia 56 tahun, dan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir pada sore harinya.

Semasa berpredikat sebagai atlet, Purnomo rutin mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Dia peraih medali emas lari 100 meter putra di Kejuaraan Atletik Asia Jakarta 1985 dan satu-satunya pelari Asia yang lolos semifinal lari 100 meter putra di Olimpiade 1984 Los Angeles.

Di Sea Games, Purnomo meraih medali emas lari 200 m di Bangkok pada 1985, medali emas estafet 4 x 100 m Bangkok 1985, serta medali perunggu lari 100 m di ajang yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara, Kemenpora.go.id, & berbagai sumber

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper