Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

F1 : Vettel Incar Gelar Ketiga Beruntun di GP Bahrain

Sebastian Vettel mengincar gelar juara ketiga kali berturut-turut di GP Bahrain pada Minggu (31/3/2019).
Sebastian Vettel/Reuters-Mark Horsburgh
Sebastian Vettel/Reuters-Mark Horsburgh

Bisnis.com, JAKARTA – Sebastian Vettel mengincar gelar juara ketiga kali berturut-turut di GP Bahrain pada Minggu (31/3/2019) setelah mendapati mobil Ferrari SF90 yang dikendarainya tak memiliki kecepatan di seri pembuka Formula 1 di Australia.

Menuai hasil positif di tes pramusim, pembalap asal Jerman dan rekan satu timnya Charles Leclerc finis keempat dan kelima di Melbourne, dengan selisih waktu hampir 1 menit dari juara GP Australia, Valtteri Bottas yang dominan dengan mobil Mercedesnya.

Ferrari kini berharap desain yang lebih tradisional trek sepanjang 5,4 km di Sirkuit Sakhir bisa membantu mereka membuka potensi penuh mobil SF90.

"Di Bahrain, setiap kesalahan dibayar dengan waktu. Oleh karena itu kalian harus sangat berhati-hati ketika menyalip, tunggu kesalahan kecil pebalap di depan dan coba untuk melewatinya. Titik ideal untuk menyerang? Tikungan 1 dan tikungan 14, setelah dua lintasan lurus panjang," kata Vettel, yang sudah empat kali meraih trofi juara di Bahrain, dalam akun Twitternya.

Tim yang bermarkas di Maranello, Italia itu menjadi tim tersukses di Bahrain dengan mengantongi enam kemenangan.

Trofi juara pertama diraih Michael Schumacer pada balapan perdana di sirkuit itu pada 2004.

Kemudian Felipe Massa berjaya di Sakhir pada 2007 dan 2008. Dua musim kemudian, pada 2010, giliran Fernando Alonso yang meraih podium bersama tim berjuluk Kuda Jingkrak itu di sana.

Sebastian Vettel, yang mengincar gelar juara dunia kelima, menjadi juara bertahan di Sakhir setelah mengantongi dua trofi juara di dua musim terakhir bersama Ferrari dan dua kali ketika masih membalap untuk Red Bull Racing pada 2012 dan 2013.

"Di Bahrain, kami berharap bisa melihat dampak dari koreksi yang kami buat," kata kepala tim Scuderia Ferrari Mattia Binotto.

"Kami menyadari bahwa kompetitor kami sekali lagi akan sangat kuat. Dengan mempertimbangkan hal itu, kami bersemangat untuk kembali ke trek dan menghadapi mereka," kata Binotto, yang menggantikan Maurizio Arrivabene sebelum awal musim ini.

Mercedes meraih poin penuh setelah finis 1-2 di seri pembuka, GP Australia, dengan margin waktu yang cukup lebar dari para pesaing terdekatnya.

Kepala tim Mercedes AMG F1 Toto Wolff akan mewaspadai pertarungan ketat dengan rival mereka, Ferrari dan Red Bull, di balapan GP Bahrain akhir pekan nanti.

"Tapi pertarungan baru saja dimulai, Ferrari akan mencoba semua yang bisa mereka lakukan untuk kembali dan Melbourne menunjukkan bahwa Red Bull memiliki sesuatu yang diandalkan dalam pertarungan juga," demikian Wolff seperti dikutip laman resmi Mercedes AMG F1.

Valtteri Bottas mengunci kemenangan pertama bagi Mercedes musim ini, diikuti rekan satu timnya Lewis Hamilton di peringkat dua.

Rival terdekat tim berjuluk Silver Arrow di Melbourne adalah Max Verstappen, yang tampil impresif dengan mobil Red Bull RB15 bermesin Honda untuk podium ketiga setelah finis dengan margin 22,520 detik dari sang juara.

Red Bull memiliki dua trofi juara di Sirkuit Sakhir yang diperoleh pada 2012 dan 2013, kala itu Vettel masih membalap untuk tim yang masih menggunakan mesin Renault itu.

Pierre Gasly, sekarang menjadi rekan satu tim Verstappen, finis keempat dengan mobil Toro Rosso bermesin Honda di Bahrain pada tahun lalu. Pembalap asal Prancis itu tentunya berharap hasil yang lebih baik di balapan musim ini

"Kami telah melihat potensi paket Ferrari di Barcelona, jadi kami kira mereka akan bangkit di Bahrain, dengan Red Bull juga tentunya," kata Wolff.

Sedangkan Mercedes menjadi juara di sirkuit sepanjang 5,412 km yang berada di tengah gurun itu pada 2014 dan 2015 lewat Lewis Hamilton dan tahun 2016 lewat Nico Rosberg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler