Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Toronto Raptors Juara Basket NBA, Pecundangi Juara Bertahan

Toronto Raptors memenangi gim keenam final NBA atas Golden State Warriors, untuk mengamankan gelar juara dengan hasil agregat 4-2.
Toronto Raptors juara NBA 2018 - 2019./Reuters
Toronto Raptors juara NBA 2018 - 2019./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Toronto Raptors, satu-satunya klub Kanada yang berkompetisi di liga basket AS NBA, sukses memenangi gim keenam final NBA atas Golden State Warriors, untuk mengamankan gelar juara dengan hasil agregat 4-2.

Dalam pertandingan yang dimainkan di Oracle Arena, Oakland, AS, pada Jumart (14/6/2019) pagi WIB, tim tamu mendulang kemenangan 114-110, seperti dilansir laman resmi NBA. Ini gelar NBA pertama Raptors.

Berstatus tuan rumah, Warriors, yang berstatus juara bertahan, memiliki keunggulan psikologis di mana mereka akan memainkan pertandingan terakhirnya di Oracle Arena serta tekad menghibur bintang mereka Kevin Durant yang kembali dibekap cedera.

Namun, Toronto tidak dapat dibendung untuk menuju kemenangan, khususnya setelah Warriors kehilangan guard Klay Thompson pada kuarter keempat akibat cedera lutut.

Tiga pemain Raptors melampaui atau menyamai perolehan poin Kawhi Leonard. Kyle Lowry memasukkan 11 dari total 26 poinnya pada dua menit pertama laga ini.

Pascal Siakam menambahi 26 poin dan 10 rebound, sedangkan Fred Van Vleet memasukkan lima dari 13 lemparan tiga poin milik Toronto untuk menyelesaikan pertandingan dengan koleksi 22 poin.

Leonard total mencatatkan 22 poin dan enam rebound pada laga ini, yang membuatnya dinilai tidak terlalu cemerlang. Walau demikian, ia tetap menggondol gelar MVP untuk putaran final NBA sebagai sosok penting dalam kesuksesan tim Kanada ini merengkuh gelar juara untuk pertama kalinya.

Warriors berusaha keras mendapatkan kemenangan demi menghibur Durant dan memberikan kenangan perpisahan yang indah kepada Oracle Arena.

Sayangnya, mereka justru harus menelan kekalahan 0-3 saat bertindak sebagai tuan rumah di putaran final ini di pertandingan pertama sejak Durant mengalami cedera tendon Achilles.

Thompson telah mengukir 28 poin dari 12 tembakan ketika ia terjatuh dalam posisi yang menyakitkan saat berusaha menerobos pertahanan lawan, ketika kuarter ketiga tinggal menyisakan waktu 2:22. Ia kemudian dibantu dua rekan setimnya untuk menuju ruang ganti, kemudian kembali ke lapangan untuk melakukan dua lemparan bebas.

Dia sukses memasukkan kedua lemparan bebas tersebut sehingga total mengoleksi 30 poin di laga ini. Sayangnya, Thompson harus benar-benar keluar pada awal kuarter keempat saat Warriors sedang unggul 91-88.

Tanpa kehadiran Durant dan Thompson, Warriors berusaha keras menandingi tim tamu. Namun kegagalan Stephen Curry (21 poin) memasukkan lemparan tiga poin pada menit terakhir, setelah turnover dari pemain Raptors Green, menjadi tembakan terakhir yang dilepaskan sang juara bertahan.

Absennya Durant dan Thompson membuat Raptors mampu mengisolasi Curry pada kuarter keempat. Raptors juga relatif berhasil meminimalisir kerusakan dari dua bintang Warriors, Draymond Green (11 poin, 19 rebound, dan 13 assist) dan Andre Iguodala (22 poin).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/NBA.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper