Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Final All England 2020: Praveen/Melati Juara Ganda Campuran

Hasil final All England 2020 antara Praveen Jordan/Melati Daeva vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai akhirnya dimenangkan oleh Praveen/Melati.
Praveen Jordan-Melati Daeva/Badminton Indonesia
Praveen Jordan-Melati Daeva/Badminton Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil final All England 2020 antara Praveen Jordan/Melati Daeva vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai akhirnya dimenangkan oleh Praveen/Melati.

Bermain di Birmingham Arena, Minggu (15/3/2020) malam, Praveen/Melati menang dengan skor 21-15, 17-21 dan 21-8.

Dalam pertandingan yang disiarkan oleh TVRI, kedua pasang bermain sangat ketat dari set pertama. Setelah unggul 11-10, Praveen/Melati lewat permainan apik langsung tancap gas dan ungul 20-14 sebelum akhirnya menutup set ini dengan skor 21-15 dalam tempo 20 menit.

Masuk di set kedua kedua ganda ini kembali bermain sengit. Praveen/Melati kembali unggul 11-10 seperti di set pertama dan menjauh 13-10, sebelum akhirnya disamakan 13-13.

Pasangan Thailand mengubah permainan dengan memaksa melakukan bola-bola panjang dan tidak beradu di depan net. Hasil ini membuat Dechapol/Sapsiree unggul 19-16 atas Praveen/Melati.

Servis Praveen sebanyak tiga kali difault oleh wasit karena dianggap melebihi tinggi yang ditentukan. Dechapol/Sapsiree akhirnya menutup game kedua dengan skor 21-17.

Praveen/Melati langsung menjauh di set ketiga dan unggul 7-1, 11-3 lewat drive-drive dan smes keras Praveen yang memporakporandakan pertahanan ganda Thailand.

Permainan Praveen/Melati di set ketiga ini benar-benar lepas dan tidak bisa dibendung oleh ganda Thailand dan unggul jauh 15-5. Praveen/Melati akhirnya menjadi juara setelah menutup set terakhir dengan skor 21-8.

Sekedar catatan ini adalah gelar kedua bagi Praveen setelah di tahun 2016 juga menjuarai turnamen ini bersama Debby Susanto di nomor ganda campuran.

Indonesia masih punya satu wakil lagi di final All England 2020 di nomor ganda putra lewat Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon yang akan menghadapi Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dari Jepang. 

Sekedar info, Endo/Watanabe adalah ganda yang mengandaskan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (juara bertahan) di babak perempat final.

Jadwal Siaran Langsung Final All England 2020 di TVRI, Kevin/Marcus, Praveen/Melati

TVRI rencananya akan menyiarkan secara langsung final All England 2020 dari Birmingham Arena, Minggu (15/3/2020) malam. Di partai final, Indonesia sukses mengirimkan dua wakil ke babak final All England Open 2020.

Setelah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menang, kini giliran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang menyusul ke partai puncak.

Baca Juga : Hasil Semifinal All England 2020: Praveen/Melati ke Final Susul Kevin/Marcus
Di babak semifinal, Praveen/Melati mengandaskan wakil tuan rumah Marcus Ellis/Lauren Smith dengan skor 21-15, 21-23, 21-11.

Setelah menang di game pertama, Praveen/Melati tampil meyakinkan di awal game berikutnya. Mereka unggul 8-1, 13-5 hingga 20-17. Namun sayangnya, Praveen/Melati tak bisa langsung menggenapkan kemenangannya. Mereka malah tersusul empat poin oleh lawan menjadi 20-21 dan harus menyerah kalah dengan skor 21-23.

Baca Juga : Hasil Semifinal All England 2020: Kevin/Marcus Siap Tempur di Final
Tak mau mengulangi kesalahan yang sama, Praveen/Melati langsung tancap gas sejak game penentu dimulai. Mereka pun sukses menang meyakinkan dengan skor cukup jauh 21-11.

“Bisa dibilang kami tadi kecolongan di game kedua. Sudah unggul jauh, akhirnya sempat kekejar. Itu yang membuat kami kehilangan game kedua. Untungnya di game ketiga kami bisa menguasai permainan dari awal. Bisa dilihat sendiri dari hasil poin yang cukup jauh,” kata Praveen dalam situs resmi PBSI, Minggu (15/3).

Baca Juga : Hadapi Thailand di Final All England, Praveen/Melati: Harus Siap Capek
“Ada beberapa poin kami kebawa permainan mereka. Permainan Eropa kan taktik banget, dengan segala cara, seperti memperlambat tempo akan mereka lakukan. Dan mereka berhasil di game kedua. Kami akhirnya nggak mau kecolongan lagi di game ketiga,” tambah Praveen lagi.

“Kami banyak komunikasi dan tetap saling mengingatkan, sudah kehilangan game kedua, game ketiga jangan terpengaruh,” tutur Melati.

Sukses melaju ke babak final, Praveen/Melati kemudian akan berhadapan dengan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand). Pertandingan besok (15/3) akan menjadi pertemuan keenam mereka. Praveen/Melati sendiri sebelumnya sudah mengoleksi tiga kemenangan terakhir dari Puavaranukroh/Taerattanachai.

“Kalau dibilang seberapa puas, kami cukup puas dengan penampilan hari ini. Cuma ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki, buat besok terutama. Karena besok kan sudah final, dan lawan Thailand juga nggak mudah. Mereka punya kualitas, jadi kami mau mempersiapkan diri lagi,” jelas Praveen.

“Kami sudah sering ketemu, sudah sama-sama tahu pola mainnya juga. Harus siap capek, karena mereka tenaganya kuat dan nggak gampang mati. Besok komunikasi harus lebih dijaga,” tutup Melati.

Kevin/Marcus Vs Endo/Watanabe

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sukses melesat ke babak final All England Open 2020. Kemenangan mereka pastikan dengan mengalahkan Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan) dengan skor 21-18, 21-13, pada Sabtu (14/3) di Arena Birmingham, Inggris.

Pasangan unggulan satu ini mengaku langsung siap sejak awal. Meski sempat mendapat perlawanan di awal game dua, Kevin/Marcus akhirnya berhasil bangkit dan memenangkan pertandingan dalam 35 menit.

“Pertandingan tadi kami langsung siap dari awal. Kami nggak mau lengah dan kami berhasil menekan lawan terus ya. Walaupun game kedua mereka sempat unggul terus, kami tetap optimis kalau kami bisa membalikkan keadaan,” kata Kevin.

“Di game kedua, beberapa kali saya mau ngenet, nggak sampe, nggak sampe, jadi dari situ mereka lebih berani. Tapi setelah interval kami lebih siap lagi,” ujar Kevin lagi.

Selanjutnya di babak final, Kevin/Marcus akan melawan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang) yang mengalahkan juara All England 2016, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia).

“Pasti lawan siapa saja harus siap. Kami siap melakukan yang terbaik dan enjoy permainannya saja,” kata Marcus.

“Pastinya kami ingin membayar kesalahan tahun kemarin, tapi kami nggak mau berlebihan juga. Kami sudah ke final, jadi mau melakukan yang terbaik aja,” tutur Kevin.

Jadwal Siaran Langsung & Hasil Final All England 2020

WD (Ganda Putri): Yuki Fukushima/Sayaka Hirota vs Du Yue/Li Yinhui 21-13, 21-15

MS (Tunggal Putra): Viktor Axelsen vs Chou Tien Chen 21-13, 21-14

XD {Ganda Campuran): Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai vs Praveen Jordan/Melati Daeva

WS (Tunggal Putri): Chen Yufei vs Tai Tzu Ying

MD (Ganda Putra): Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon vs Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler