Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balapan MotoGP akan Digelar Akhir Juli Tanpa Penonton, Begini Skenarionya

Presiden asosiasi tim balap motor internasional (IRTA) Herve Poncharal  menjabarkan skenario menggelar balapan MotoGP selama wabah virus Corona. 
Pebalap MotoGP, Valentino Rossi/Twitter
Pebalap MotoGP, Valentino Rossi/Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden asosiasi tim balap motor internasional (IRTA) Herve Poncharal  menjabarkan skenario menggelar balapan MotoGP selama wabah virus Corona. 

Balapan MotoGP rencananya akan digelar pada akhir Juli dengan kemungkinan akan tertutup bagi para penggemarnya. Meski demikian belum ada gambaran kapan dan di man balapan akan dihelat.

"Ini situasi yang luar biasa. Tak ada yang siap untuk hal seperti ini," kata Poncharal, seperti dikutip laman resmi MotoGP, Rabu (6/5).

"Sekitar 10 hari lalu, jika kalian tanya saya apakah kita bisa mulai pada Juli, maka saya akan menyebut kalian bermimpi. Hari ini, ini menjadi sesuatu yang tak lagi mustahil," ujarnya.

Ia menimpali, "Kami mempelajari sejumlah skenario berbeda, bahkan satu musim kosong, yang tak bisa dibayangkan.... Hari ini, kita melihat jika isolasi telah menunjukkan hasilnya, walaupun situasinya masih jauh dari kejelasan."

Rencana untuk kembali balapan pada Juli dan Agustus 2020 terlihat memungkinkan, kata Poncharal, yang juga kepala tim Red Bull KTM Tech 2. Namun, belum ada kesepakatan yang ditandatangani.

Salah satu cara meyakinkan negara tuan rumah dan penyelenggara adalah dengan skenario balapan tanpa penonton.

"Tentunya kami tak suka itu. Para penggemar, publik, dan pendukung adalah dasar dari olah raga kami. Tapi, antara tanpa balapan sama sekali dan balapan tanpa penonton.... kalian pasti akan memilih opsi kedua," kata Poncharal.

Sebagai konsekuensinya, ofisial dan tim kompetitor harus mengurangi jumlah staf yang terlibat dalam Grand Prix.

Normalnya, di setiap balapan ada antara 2.500 hingga 3.000 orang yang terlibat. Sementara itu, di skenario tertutup, angka itu harus ditekan menjadi sekira 1.100 hingga 1.300 orang.

Hingga urusan katering, staf juga harus mematuhi aturan jaga jarak yang ditetapkan selama pandemi Covid-19

Ada juga kemungkinan menggelar dua balapan di sirkuit yang sama mengingat pendeknya jendela musim. "Kita mungkin tinggal di sirkuit yang sama selama dua pekan," kata dia.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, setiap pihak  yang terlibat akan menjalani tes dan semacam isolasi di sirkuit.

"Karena, paddock akan tak terlalu padat, kami akan menyediakan para pebalap, tak hanya MotoGP, kesempatan untuk tidur di lokasi dengan motorhome," kata Poncharal.

Ia menambahi, "Kami juga akan mencari solusi sehingga hotel-hotel terdekat bisa dipesan untuk staf paddock. Ini akan menghindarkan kontak dengan populasi setempat dan dari kontaminasi."

Keluar masuknya staf ke sirkuit pun sebisa mungkin akan diatur mengikuti protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus.

MotoGP dan tim membutuhkan uang dari sponsor, dan sponsor datang karena ada publikasi. Namun, Grand Prix musim ini kemungkinan akan terbatas untuk media massa.

"Seperti halnya jika kita mengizinkan sedikit jurnalis, siapa yang akan menentukan? Tentunya akan ada orang yang tak senang karena tak terpilih," kata Poncharal.

Ia pun mengimbuhi, "Akan tetapi saya harap tim bisa menjaga press officer mereka tersedia untuk media. Bukan saya yang menentukan, tapi jika jurnalis tak ada, maka tugas kami adalah menyediakan mereka informasi sebanyak mungkin."

Pandemi Covid-19 telah memaksa sebelas Grand Prix yang ada di kalender MotoGP tak bisa digelar sesuai jadwal, diawali seri pembuka di Qatar yang batal.

Seri terdekat yang ada di kalender dan belum terkena imbas pandemi adalah Grand Prix Republik Ceko di Sirkuit Brno pada 9 Agustus 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler