Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jorge Lorenzo Akui Ada Kesamaan Dirinya dengan Vinales

Pebalap Jorge Lorenzo yang sekarang menjadi test rider Yamaha mengungkapkan motor YZR-M1 l itu tak banyak mengalami perubahan sejak ia tinggalkan empat tahun lalu.
Jorge Lorenzo/Reuters
Jorge Lorenzo/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pebalap Jorge Lorenzo yang sekarang menjadi test rider Yamaha mengungkapkan motor YZR-M1 l itu tak banyak mengalami perubahan sejak ia tinggalkan empat tahun lalu.

Lorenzo terakhir kali menunggangi mesin Yamaha sebagai pebalap ofisial pada 2016 dan mempersembahkan mereka gelar juara dunia, mematahkan dominasi Honda dan Marc Marquez.

"Ketika aku menjadi pebalap ofisial Yamaha prioritasku adalah untuk memenangi kejuaraan.
Sekarang aku memiliki peran yang benar-benar berbeda dan tujuanku adalah agar para pebalap Yamaha memenangi kejuaraan," kata Lorenzo dalam wawancara virtual di laman resmi MotoGP, Selasa (2/6/2020).

"Yamaha selama empat tahun ini tak banyak berubah. Di satu sisi itu positif, tapi di sisi lain itu juga negatif.

"Positif karena dia adalah motor yang hebat yang aku gunakan untuk merebut gelar juara sebelum aku tinggalkan. Tapi hal buruknya setelah empat tahun dia tak banyak berubah," kata sang pebalap asal Spanyol itu.

Lorenzo memutuskan pindah ke Ducati selama dua musim dan memperkuat Honda tahun lalu sebelum menyatakan pensiun di akhir musim.

Kini sang juara dunia MotoGP tiga kali itu, dengan peran barunya, membantu pengembangan motor Yamaha dan sempat menjajal motor versi 2019 dan 2020 di tes pramusim Sepang dan Qatar.

Lorenzo mengamati jika Yamaha memiliki masalah di sejumlah area seperti pengereman dan tenaga.

"Mesinnya tak terlalu meningkat. Aku membandingkan telemetri dengan motor yang aku pakai pada 2016, tak terlalu berbeda.

"Jadi pada 2018 aku rasa terlalu banyak perbedaan antara Ducati, yang kala itu tercepat, dengan Honda, yang tak jauh di belakang, tapi memiliki performa mirip dengan Yamaha.

"Tapi saya rasa mereka (Yamaha) lebih banyak peningkatan dengan motor 2020 dalam hal tenaga. Itu hal baik tapi motor ini kurang lebih mirip dengan empat tahun lalu.

"Aku mendapati Maverick (Vinales) melibas tikungan yang sama seperti yang aku lakukan dan aku melihat jika motor baru itu punya masalah di pengereman. Ketika aku tiba di box aku menyampaikan apa yang aku lihat dan pada satu setengah hari terakhir (di Sepang) ada sedikit perbaikan di area itu dan di Qatar motor itu jauh lebih baik," kata Lorenzo.

Sementara musim balapan MotoGP terpaksa tertunda karena krisis kesehatan global, penyelenggara berharap bisa memulai musim kompetisi pada Juli nanti di Jerez, Spanyol, meski tanpa penonton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler