Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

F1 Bertekad Perangi Covid-19, Rasialisme, & Ketidaksetaraan

Formula 1 bertekda memerangi pandemi vitus corona jenis Covid-19, serta jufa rasialisme dan ketidaksetaraan.
Pembalap F1 asal Inggris Lewis Hamilton, satu-satunya pebalap F1 berkulit hitam./Reuters/Aly Song
Pembalap F1 asal Inggris Lewis Hamilton, satu-satunya pebalap F1 berkulit hitam./Reuters/Aly Song

Bisnis.com, JAKARTA – Formula 1 akan meluncurkan inisiatif bertajuk #WeRaceAsOne untuk memerangi masalah terbesar di dunia olahraga dan masyarakat global saat ini yaitu Covid-19 serta rasisme dan inekualitas (ketidaksetaraan).

Seri pembuka di Austria pada 5 Juli nanti digunakan oleh seluruh personel, mitra, tim dan pebalap F1 untuk menyampaikan rasa terima kasih mereka kepada setiap individu yang telah menunjukkan kekuatan dan ketabahannya melawan pandemi global.

"Setiap orang mulai dari para pekerja kunci hingga keluarga dan individu yang telah bertahan selama lockdown untuk memerangi virus ini pantas mendapat rasa terima kasih dan syukur kami," demikian laman resmi F1 pada Senin (22/6/2020).

F1 juga ingin menunjukkan jika mereka bersatu dalam melawan rasisme dan ketidaksetaraan global dan ingin berbuat lebih untuk mempromosikan ekualitas serta keberagaman di komunitas F1 itu sendiri.

Untuk merepresentasikan pesan tersebut, setiap mobil F1 di seri pembuka akan dihiasi gambar pelangi dan tagar #WeRaceAsOne.

"Ini tak akan menjadi tema satu pekan atau satu tahun yang menghilang saat isu tersebut sirna dari masyarakat global, ini akan mendukung strategi F1 untuk membuat perubahan nyata di olahraga kami dan masyarakat," tulis laman resmi F1.

Pandemi virus corona menjangkiti sembilan juta orang dan menewaskan sedikitnya 470.000 orang di seluruh dunia, menjadi pukulan berat bagi seluruh sektor termasuk olahraga.

Sedangkan isu rasisme belakangan mencuat setelah jutaan orang di berbagai belahan dunia menggelar aksi protes imbas kasus kematian warga kulit hitam Amerika Serikat George Floyd yang melibatkan kebrutalan polisi di Minnesota.

Sejumlah tim dan pebalap F1 menyuarakan dukungannya, mengutuk tindakan rasisme dan inekualitas. Salah satu yang paling vokal adalah Lewis Hamilton, satu-satunya pebalap kulit hitam di F1.

"Balapan pertama kami di Austria pada start bulan Juli nanti adalah momen besar bagi olahraga kami dan setelah empat bulan tanpa balapan. Sementara itu menjadi momen penting bagi komunitas F1, hal itu juga adalah waktunya menyikapi masalah-masalah yang lebih besar dari setiap olahraga atau pun negara," kata CEO F1 Chase Carey.

"Itulah kenapa di balapan pertama kami di Austria F1 akan berdiri bersama dengan lantang dan jelas menyatakan jika rasisme harus berakhir.

"Kami akan menunjukkan dukungan penuh kami dalam memerangi inekualitas selama akhir pekan dan mempercepat upaya kami untuk membuat F1 lebih beragam dan inklusif.

"Sebagai olahraga global kami harus merepresentasikan keberagaman dan masalah sosial kepada fan kami, namun kami juga harus mendengarkan lebih banyak dan memahami apa yang harus dilakukan dan meneruskan hasilnya.

November tahun lalu, F1 juga meluncurkan kampanye untuk menjadi ajang balap dengan jejak karbon nol pada 2030.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper