Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hujan Lebat di Kualifikasi, Hamilton Rebut Pole Position GP Styria

Hamilton memuncaki kualifikasi dengan waktu terbaik satu menit 19,273 detik, terpaut 1,216 detik dari pebalap Red Bull Max Verstappen di tempat kedua, demikian laman resmi F1.
Pebalap Red Bull Max Verstappen memasuki finis Formula 1- Austrian Grand Prix-Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 30 Juni 2019./Antara-Reuters
Pebalap Red Bull Max Verstappen memasuki finis Formula 1- Austrian Grand Prix-Red Bull Ring, Spielberg, Austria, 30 Juni 2019./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton merebut pole position Grand Prix Styria setelah tampil tercepat di babak kualifikasi yang diguyur hujan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Sabtu (11/7/2020).

Hamilton memuncaki kualifikasi dengan waktu terbaik satu menit 19,273 detik, terpaut 1,216 detik dari pebalap Red Bull Max Verstappen di tempat kedua, demikian dikutip dari informasi di laman resmi F1.

Kemudian Carlos Sainz mengamankan P3 untuk McLaren setelah unggul hanya 0,030 detik dari catatan waktu pebalap Mercedes Valtteri Bottas yang akan start dari P4.

“Sangat senang bisa kembali ke sini akhir pekan ini dan menempati P3 untuk pertama kalinya di karirku,” kata Sainz.

Sebelumnya, lebih awal di hari yang sama, sesi latihan bebas terakhir (FP3) hari itu terpaksa dibatalkan karena cuaca buruk dan kondisi trek yang membahayakan karena hujan lebat.

Setelah race director menyatakan aman, para pebalap pun menjalani kualifikasi dengan ban basah di bawah tingkat visibilitas rendah karena hujan masih mengguyur trek.

“Hari yang sulit. Sering kalian tak bisa melihat kemana kalian melaju... aku suka hari-hari ini. Aku kira kami siap untuk kedua kondisi (di balapan nanti),” kata Hamilton.

Sergio Perez, yang memuncaki FP1 dengan mobil Racing Pointnya, gagal memperbaiki catatan waktunya setelah kurang dari satu menit jelang bubaran Q1 Antonio Giovinazzi kehilangan kendali mobil Alfa Romeonya di Tikungan 10 yang menyebabkan sesi pertama kualifikasi disudahi lebih awal.

Kimi Raikkonen, Perez, Nicholas Latifi, Giovinazzi dan Romain Grosjean tereliminasi di Q1 dan akan start dari lima posisi terakhir di balapan nanti.

Kondisi trek ketika Q2 tak berubah dan para pebalap kesulitan memperbaiki catatan waktunya untuk lolos ke sesi kualifikasi terakhir.

Pebalap Ferrari Charles Leclerc merasakan sulitnya melaju di kondisi tersebut dan tak cukup cepat untuk lolos ke Q3. Sang pebalap Monako itu harus puas dengan posisi start ke-11.

George Russell mampu membawa mobil Williams FW43 mengamankan P12, di depan mobil Racing Point Lance Stroll, AlphaTauri Daniil Kvyat dan mobil Haas Kevin Magnussen.

Seperti yang diungkapkan Verstappen, hujan semakin deras ketika memasuki 15 menit ketiga babak kualifikasi di mana tinggal sepuluh pebalap yang lolos untuk memperebutkan pole position.

“Secara keseluruhan ini kualifikasi yang bagus. Di Q3 hujan lebih deras dan kami kesulitan di kondisi yang sangat basah itu. Aku rasa P2 baik dan di kondisi kering kami bisa memiliki peluang bagus untuk menang,” kata Verstappen, yang akhir pekan lalu gagal finis di Austria itu.

Esteban Ocon tertinggal 1,6 detik dari pemuncak kualifikasi sebagai pebalap Renault tercepat di P5, sedangkan rekan satu timnya, Daniel Ricciardo akan start dari P9.

Lando Norris, yang menahan sakit di dada ketika sesi latihan Jumat, kini merasa lebih baik setelah mendapat perawatan dan konsultasi dengan spesialis. Pebalap muda Inggris itu akan finis P6 di kualifikasi di depan Alexander Albon dari tim Red Bull, dan Pierre Gasly dari AlphaTauri.

Namun, Norris mendapat penalti mundur tiga posisi start karena kedapatan melanggar bendera kuning di sesi latihan, Jumat. Juara dunia empat kali Sebastian Vettel melengkapi posisi start 10 besar dengan mobil Ferrarinya.

Hasil kualifikasi Grand Prix Styria

1 Lewis Hamilton - Mercedes 1:19,273

2 Max Verstappen - Red Bull Racing +1,216

3 Carlos Sainz - McLaren +1,398

4 Valtteri Bottas - Mercedes +1,428

5 Esteban Ocon - Renault +1,649

6 Lando Norris - McLaren +1,652

7 Alexander Albon - Red Bull Racing +1,738

8 Pierre Gasly - AlphaTauri +1,755

9 Daniel Ricciardo - Renault +1,919

10 Sebastian Vettel - Ferrari +2,378

11 Charles Leclerc -Ferrari

12 George Russell - Williams

13 Lance Stroll - Racing Point

14 Daniil Kvyat - AlphaTauri

15 Kevin Magnussen - Haas F1 Team

16 Kimi Räikkönen - Alfa Romeo Racing

17 Sergio Perez - Racing Point

18 Nicholas Latifi - Williams

19 Antonio Giovinazzi - Alfa Romeo Racing

20 Romain Grosjean Haas F1 Team

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ropesta Sitorus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler