Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

F1, Renault Pesta Poin Terbanyak di GP Belgia

Di GP Belgia, Renault mendulang poin terbanyak mereka dalam satu balapan sejak tim pabrikan tersebut kembali membalap di Formula 1 sedari 2016.
Pebalap Renault Daniel Ricciardo/Antara/Reuters
Pebalap Renault Daniel Ricciardo/Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Renault mencatatkan sukses di Grand Prix Belgia yang digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps pada Minggu (30/8/2020) dengan mendulang poin terbanyak mereka dalam satu balapan sejak tim pabrikan tersebut kembali membalap di Formula 1 sedari 2016.

Kedua pebalap mereka, Daniel Ricciardo dan Esteban Ocon, berturut-turut finis P4 dan P5, dengan Ricciardo merebut satu poin ekstra dari mencetak waktu putaran tercepat di akhir lomba.

Sebanyak 23 poin yang dikemas Renault hari itu menjadi yang terbanyak mereka raih dalam satu grand prix, dan pekan depan tim asal Prancis itu berharap meneruskan tren positifnya di Monza, Italia, di mana mereka juga panen 22 poin tahun lalu.

"Ini (Spa) adalah trek yang bagus untuk kami tahun lalu, tapi Monza bahkan lebih baik, jadi kita lihat nanti. Kami tidak ingin memperkirakan terlalu dini, tapi aku rasa kami menuju ke sana dengan sangat percaya diri," kata Ricciardo seperti dikutip laman resmi Formula 1.

Di Belgia, Ricciardo start dari P4 dan sempat menyodok ke peringkat tiga di lap pembuka setelah ia bersaing dengan mantan rekan satu timnya di Red Bull Max Verstappen.

Dia kembali ke belakang setelah safety car dikeluarkan menyusul insiden kecelakaan yang melibatkan mobil Antonio Giovinazzi dan George Russell, lalu tampil cepat kembali di lap-lap terakhir untuk finis tiga detik di belakang sang pebalap asal Belanda.

Itu merupakan finis P4 kedua kalinya bagi Ricciardo dalam empat balapan terakhir. "Kami memiliki laju yang sangat baik, terlebih dengan ban hard (di stint kedua)," kata Ricciardo.

"Di awal, di lap pertama menyenangkan dengan Max, kami ketat. Aku sempat di depan dan dia kembali unggul dan kami sempat bersebelahan di beberapa tikungan. Tapi dia dan Mercedes melesat dengan ban soft, seperti yang kami duga.”

"Kemudian safety car membuat jarak antara diriku dan Max dengan Gasly dan Perez yang memilih untuk tetap di luar. Jadi, setelah aku melewati mereka, para pebalap yang di depan telah melesat jauh. Menurutku, akan lebih menarik jika aku bisa restart di belakang Max, tapi, peringkat empat ini bagus."

Di lap terakhir Ricciardo tampil 0,5 detik dari catatan waktu terbaiknya untuk merebut 1 poin tambahan.

Esteban Ocon menambah selebrasi bagi tim asal Prancis itu dengan mencuri finis P5 lewat manuver apiknya menyalip Alexander Albon di lap terakhir.

Dengah hasil tersebut, Ricciardo naik dua slot ke peringkat delapan, kendati mengemas poin yang sama dengan pebalap Racing Point Sergio Perez yaitu 33, sedangkan Ocon terpaut 7 poin.

Renault menempati peringkat enam klasemen tim dengan 59 poin, tetapi hanya berjarak 9 poin dari McLaren di peringkat tiga. Racing Point meramaikan persaingan tim papan tengah itu dengan total 63 poin dan Ferrari yang terseok-seok musim ini baru mengumpulkan 61 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler