Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vale Indonesia Turut Kerahkan Tim Dukung Fase Rehabilitasi Palu

PT Vale Indonesia Tbk. mengirim tim ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk ikut mendukung fase rehabilitasi pascabencana berupa pembangunan infrastruktur di bawah koordinasi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Sejumlah warga berjalan masuk ke salah satu kawasan mal di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (13/11/2018)./Antara-Basri Marzuki
Sejumlah warga berjalan masuk ke salah satu kawasan mal di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (13/11/2018)./Antara-Basri Marzuki

Bisnis.com, MAKASSAR – PT Vale Indonesia Tbk. mengirim tim ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk ikut mendukung fase rehabilitasi pascabencana berupa pembangunan infrastruktur di bawah koordinasi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Terdapat 30 personil pada tim yang bakal dikirim perseroan tersebut yang selanjutnya bakal membangun dua unit hunian sementara (Huntara) dan satu unit fasilitas kesehatan setara Puskesmas sementara yang direncanakan berlokasi di Kawasan Mamboro, Palu Utara.

Adapun pengiriman tim dilakukan secara bergelombang, di mana untuk tahap awal sebanyak 13 personel diberangkatkan pada Selasa (13/11/2018), berikut tiga truk berisi material bangunan yang juga diberangkatkan.

Dalam misi dukungan fase rehabilitasi itu, Vale menggandeng pula Himpunan Pengusaha Sorowako (HIPSO) serta Ikatan Kontraktor Nasional PT Vale Indonesia (IKONVI).

Chief Operating Officer (COO) Vale Indonesia, Lovro Paulic mengemukakan pemberangkatan tim tersebut merupakan sebuah misi sosial untuk membantu meringankan beban korban bencana di Palu, terkhusus dukungan pada fase rehabilitasi pascabencana.

“Kami berangkat atas nama kemanusiaan. Selama bekerja jauh dari site di Sorowako, kami akan tetap menerapkan standar yang sama, terutama standar keselamatan,” kata dia dalam keterangan.

Menurutnya, partisipasi perseroan dalam fase rahabilitasi itu menjadi sebuah kesempatan yang bagus untuk berkolaborasi dengan para kontraktor, baik kontraktor lokal maupun nasional, melalui asosiasi dengan semangat kemanusiaan.

Adapun untuk pembangunan infrastruktur Huntara ditargetkan selesai pertengahan Desember, sesuai rencana kerja yang dirancang pemerintah.

Tiap unit Huntara akan menampung 12 KK beranggotakan maksimal 5 jiwa per KK, yang mana dilengkapi prasarana dasar, seperti dapur dan toilet.

Setelah selesai dibangun, Vale akan menyerahkan unit Huntara ke Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sebagai informasi, Vale Indonesia merupakan perusahaan swasta pertama yang mengajukan proposal kontribusi pembangunan Huntara. Kemudian untuk bantuan jangka panjang, perseroan sedang melakukan assessment dalam proyek clean water supply (akses air bersih).

Sebelumnya, Vale Indonesia juga mengerahkan tim pada fase tanggap darurat ke wilayah terdampak untuk membantu pencarian dan evakuasi korban, membuka posko medis serta mendistribusikan logistik serta air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler