Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Manado Ekspor Bunga Pala 14,4 Ton ke India

Ini adalah kegiatan ekspor kelima puluh kalinya, dihitung berdasarkan jumlah phytosanitary certificate yang diterbitkan.
Pohon Pala./Ilustrasi-Ditjenbun Kementan
Pohon Pala./Ilustrasi-Ditjenbun Kementan

Bisnis.com, MANADO - Karantina Pertanian Manado melakukan fumigasi 14,4 ton bunga pala atau fuli asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebelum diekspor ke India, guna menjamin kualitas dari komoditas tersebut tetap terbaik.

"Sebelum dikapalkan ke India, memeriksa komoditas fuli sebanyak 14,4 ton senilai Rp4,7 miliar milik PT GIP dan melakukan fumigasi menggunakan fosfin (PH3),"kata Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan di Manado, Senin (29/6/2020).

Tujuan utama dari fumigasi, kata Donni untuk menyucihamakan komoditas sehingga tidak ada serangga yang ikut dilalulintaskan, hal ini merupakan persyaratan dari negara tujuan sehingga dapat diterbitkan phytosanitary certificate (PC).

Ini adalah kegiatan ekspor kelima puluh kalinya, dihitung berdasarkan jumlah PC yang diterbitkan Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado sepanjang tahun ini, tambah Donni.

Dibukanya kembali pembatasan akibat pandemi Covid-19 secara bertahap, memberi angin segar bagi geliat ekspor pertanian, termasuk komoditas unggulan asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tersebut, dimana daerah ini merupakan salah satu sentra penghasil bunga pala terbesar di kawasan timur Indonesia.

Donni mengatakan dalam melakukan pemeriksaan pihaknya mengikuti protokol sebagaimana penerapan "new normal", dengan harapan semoga ekspor dapat lebih bergairah.

Berdasarkan data sistem perkarantinaan, IQFAST, komoditas bunga pala yang berhasil diekspor Januari-Juni 2020 mencapai 78,9 ton senilai Rp412 miliar mengalami peningkatan 21,78 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya hanya Rp265 miliar.

Negara tujuan ekspor, selain India, juga beberapa negara Timur Tengah dan benua Eropa yang akan menggunakannya sebagai bahan dasar pembuatan mulai makanan, minuman, kosmetik hingga parfum.

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Ali Jamil mengatakan sejalan dengan arah program Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam meningkatkan tiga kali lipat ekspor komoditas pertanian dalam empat tahun ke depan, maka pihaknya melakukan berbagai inovasi sistem digitalisasi layanan ekspor.

Dikatakannya, selain sistem permohonan pemeriksaan karantina (PPK) online yang telah jalan, aplikasi peta potensi komoditas pertanian berorientasi ekspor atau IMACE juga akan terus dimaksimalkan. Dia berharap aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai landasan kebijakan dalam mendorong pembangunan komoditas pertanian berbasis kawasan berorientasi ekspor.

"Pemerintah daerah dapat memanfaatkan peta ini untuk mengembangkan potensi wilayah dan kami pun akan lebih mudah memfasilitasi ekspornya," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler