Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Makassar Rakit Bus Listrik Mini untuk Wisatawan

Mini bus listrik diberi nama Commuter Metromoda atau Co’mo dan akan diperkenalkan pada 9 November 2022 mendatang.
Bus listrik INKA E-Inobus. /INKA
Bus listrik INKA E-Inobus. /INKA

Bisnis.com, MAKASSAR- Pemerintah Kota Makassar akan segera merilis mini bus listrik yang nantinya digunakan melayani perjalanan wisatawan di lorong wisata. Mereka menamainya Commuter Metromoda atau Co’mo.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan saat ini Co'mo sedang dirakit dan kemungkinan akan diperkenalkan secara langsung pada 9 November 2022 mendatang.

Tahap awal hanya ada satu Co'mo yang dirakit sebagai bahan percobaan. Selanjutnya pihak pemkot akan menggandakannya menjadi 153 unit yang akan ditempatkan di 153 kelurahan.

"Co'mo ini kan kita bikin sendiri ya, sekarang baru body-nya yang sudah dirakit, menunggu bagian lainnya. Kita coba buat satu dulu dan akan diperkenalkan 9 November nanti," ungkap Danny Pomanto sapaan Wali Kota Makassar, Kamis (6/10/2022).

Jika rakitan bus listrik itu rampung, maka akan diusulkan mendapat izin Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Kalau selesai satu Co’mo, saya minta izin ke Kementerian. Habis launching saya patenkan, baru minta izin, dan saya pamerkan,” katanya.

Mini bus listrik ini rencananya akan digunakan untuk berwisata lorong di program lorong wisata Pemkot Makassar. Para wisatawan nantinya akan menggunakan kendaraan ini dari lorong ke lorong.

Co’mo ditambahkannya juga menjadi program metaverse pertama yang dihadirkan oleh Pemkot Makassar. Sebab akan ada alat virtual reality (VR) yang dipasang di mini bus tersebut agar masyarakat bisa menikmati wisata-wisata yang ada di Makassar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper