Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Inflasi 0,25 Persen (mtm), Lebih Tinggi dari Nasional dan Sulampua

Inflasi nasional dan Sulampua masing-masing tercatat sebesar 0,09 persen dan 0,21 persen (mtm).
Ilustrasi inflasi/Freepik
Ilustrasi inflasi/Freepik

Bisnis.com, MAKASSAR - Pada November 2022, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami inflasi bulanan sebesar 0,25 persen (mtm), setelah bulan sebelumnya mengalami deflasi sebesar 0,18 persen (mtm).

Inflasi Sulsel berada di posisi lebih tinggi dibandingkan Nasional dan Sulampua yang masing-masing tercatat mengalami inflasi sebesar 0,09 persen dan 0,21 persen (mtm) utamanya disebabkan oleh lebih tingginya inflasi pada kelompok bahan makanan, perumahan dan transportasi.

Secara spasial, dari 5 kota IHK (Bulukumba, Makassar, Palopo, Pare-pare, dan Watampone) di Sulsel, Kota Makassar merupakan daerah yang mengalami inflasi bulanan tertinggi sebesar 0,31 persen (mtm), sedangkan deflasi bulanan terendah dialami oleh Kota Palopo sebesar -0,19 persen (mtm).

"Sementara secara tahun kalender, Sulsel tercatat mengalami inflasi sebesar 5,03 persen (ytd), meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 4,76 persen (ytd). Secara tahunan, Sulsel tercatat mengalami inflasi sebesar 6,00 persen (yoy)," ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel Causa Iman Karana, Kamis (1/12/2022).

Inflasi bulanan di Sulsel pada November 2022 disumbang oleh Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau; Kelompok Perumahan, Air, Listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga; dan Kelompok Transportasi dengan andil inflasi masing-masing sebesar 0,12 persen; 0,05 persen dan 0,5 persen (mtm).

Inflasi pada Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau tercatat sebesar 0,40 persen (mtm) utamanya dipengaruhi oleh kenaikan harga bawang merah, tomat, dan ikan layang. Sementara itu, kenaikan harga sewa dan kontrak rumah juga turut menyumbang tekanan inflasi khususnya pada Kelompok Perumahan, Peralatan, dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sehingga mengalami inflasi bulanan sebesar 0,40 persen (mtm).

Inflasi pada Kelompok Transportasi sebesar 0,28 persen (mtm) utamanya disumbang oleh kenaikan tarif angkutan udara sejalan dengan tren peningkatan permintaan menjelang libur akhir tahun. Di sisi lain, inflasi lebih tinggi tertahan oleh deflasi pada Kelompok Informasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan.

Menjelang HBKN Natal dan Tahun Baru, rapat koordinasi pengendalian inflasi terus dilakukan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) disejumlah Kab/Kota di Sulawesi Selatan.

Dalam rangka memperkuat ketersediaan pasokan khususnya komoditas beras, Gubernur Sulawesi Selatan telah mengeluarkan surat edaran pada November 2022, terkait Pengadaan Gabah/Beras untuk Penguatan Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Sejalan dengan hal tersebut, program pemanfaatan pekarangan rumah tangga serta gerakan tanam cabai di beberapa daerah di Sulsel juga dilakukan untuk menjaga ketersediaan pasokan.

Kerjasama Antar Daerah (KAD) khususnya intra wilayah Sulsel terus diperkuat sebagai tindaklanjut Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sulsel.

Kedepan, Bank Indonesia senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah dan stakeholders terkait lainnya melalui TPID dalam rangka menjaga stabilitas inflasi di Sulsel dengan mengacu pada strategi 4K (Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper