Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belanja Daring Pemprov Sulsel Rp60,468 Miliar di Dua Aplikasi

Pembelanjaan ini dilakukan di dua market place, yaitu aplikasi BajuBodo dan Mbizmarket.
Aplikasi BajuBodo./Ist
Aplikasi BajuBodo./Ist

Bisnis.com, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) tercatat melakukan transaksi secara daring sebesar Rp60,468 miliar hingga 25 November 2022 di dua marketplace, yaitu aplikasi BajuBodo dan Mbizmarket.

Keduanya merupakan platform yang membuka ruang bagi pelaku usaha untuk bisa menjadi penyedia barang dan jasa bagi pemerintah, sehingga dapat mengakses belanja daerah.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Sulsel Asrul Sani menyampaikan, program nasional terkait dengan belanja melalui toko daring dan katalog lokal merupakan salah satu rekomendasi dari Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK). Oleh karena itu pihaknya kini masif belanja di platform tersebut.

Dari sisi akuntabilitas, belanja di toko daring dikatakannya akan tercatat semua secara otomatis, jadi akan lebih mudah dilakukan monitoring dan evaluasi.

"Jadi kita belanja melalui toko daring, belanja yang sampai dengan dua ratus juta, khususnya pengadaan-pengadaan rutin, seperti makan-minum, alat tulis kantor dan sebagainya. Jika selama ini kita lakukan secara manual, sekarang sudah masuk di toko daring. Lebih mudah dilakukan," katanya, Senin (5/12/2022).

Transaksi yang dicatatkan oleh Pemprov Sulsel melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Pemerintah (LKPP) ini tercatat mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan pada 2021 nilainya masih tergolong kecil hanya sekitar jutaan rupiah saja.

Meskipun berkaitan dengan belanja kebutuhan pemerintah, namun pihaknya terus berupaya mendorong usaha-usaha mikro atau home industri untuk bisa ikut masuk.

"Misalnya, makan-minum sebisa mungkin kita akan dorong masuk terlibat dalam belanja pemerintah. Apalagi sekarang regulasinya dipermudah. Kita harapkan semua pelaku-pelaku usaha mikro dan home industri itu masuk dan terlibat," pungkasnya.

Diketahui saat ini total telah ada sekitar 1.059 pelaku usaha yang terdaftar pada aplikasi BajuBodo. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Pemprov Sulsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler