Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Rampungkan 26 PSN Ketenagalistrikan di Sulawesi Selama 2022

Proyek PLN di Sulsel terdiri dari 12 Gardu Induk (GI), 13 jaringan transmisi, dan satu pembangkit berkapasitas 100 mega watt (MW).
SUTT 150 kV Raha-Baubau yang menghubungkan Pulau Muna dan Pulau Buton di Sulawesi Tenggara/PLN
SUTT 150 kV Raha-Baubau yang menghubungkan Pulau Muna dan Pulau Buton di Sulawesi Tenggara/PLN

Bisnis.com, MAKASSAR - PT PLN (Persero) tercatat telah menyelesaikan 26 proyek ketenagalistrikan di Sulawesi sepanjang 2022.

Perinciannya, 12 Gardu Induk (GI) berkapasitas 480 mega volt ampere (MVA), 13 jaringan transmisi sepanjang 950,218 kilo meter sirkuit (kms), dan satu pembangkit berkapasitas 100 mega watt (MW).

Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN Wiluyo Kusdwiharto menyampaikan, penyelesaian proyek ini untuk menghadirkan listrik yang andal di wilayah Sulawesi, sekaligus bentuk dukungan komitmen PLN mendorong perekonomian melalui hilirisasi industri di wilayah ini. 

Dalam penyelesaian infrastruktur ini, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 64,24 persen, dengan rincian infrastruktur pembangkit mencapai 43,08 persen, gardu induk 72,59 persen, dan jaringan transmisi 77,06 persen.

“Kami harap beroperasinya seluruh PSN ini dapat mendorong pertumbuhan perekonomian nasional dengan menarik investasi di Sulawesi baik pada sektor pariwisata maupun industri guna menghadapi tantangan ekonomi di 2023,” ungkapnya, Kamis (19/1/2023).

General Manager PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Defiar Anis mengatakan, selain untuk menyatukan sistem interkoneksi kelistrikan di wilayah operasinya, ada juga proyek yang disiapkan untuk menunjang kebutuhan industri. 

Saat ini PLN berhasil memenuhi kebutuhan listrik untuk pelanggan industri pabrik pelet kayu milik PT Biomasa Jaya Abadi (BJA) melalui pembangunan SUTT 150 kilo volt (kV) Marisa - Biomasa, yang nantinya akan dilanjutkan sampai ke Moutong, serta pasokan listrik industri smelter PT Huadi Nickel Alloy sebesar 280 Megavolt Ampere (MVA).

Tak hanya itu, PLN juga turut andil memenuhi kebutuhan listrik sektor pariwisata yang ada di Sulawesi Utara, yaitu Likupang yang telah dicanangkan sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) melalui pembangunan SUTT 150 kV Likupang – Paniki.

"Ada juga jaringan transmisi SUTT 150 kV Raha-Baubau menghubungkan Pulau Muna dan Pulau Buton, yang merupakan bagian awal dari rencana yang tertuang di RUPTL untuk menyatukan jaringan kelistrikan di Pulau Buton dan Pulau Muna dengan sistem utama kelistrikan Sulawesi," jelas Anis.

Rincian proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan PLN UIP Sulawesi 2022 antara lain PLTU Sulsel Barru-2 (1x100 MW), Gardu Induk dengan total Kapasitas 480 MVA yaitu di Tanete, Molibagu, Lanna, PLTMG Bau-Bau, Bau-Bau, Masamba, Tutuyan, Talise, Raha, Donggala, Tentena, dan Likupang.

Sementara ruas jaringan transmisi 150 kV dengan total panjang lintasan 950,218 kms di Andoloo - Kasipute, Sungguminasa - Lanna, Tanete -  Incomer 2 Phi (Bulukumba - Sinjai), Daya Baru - Incomer 2 Phi, PLTU Sulsel Barru 2 - Incomer 2 Phi Otam – Molibagu, Otam – Tutuyan, Wotu - Masamba, PLTMG Baubau - Incomer 2 Phi, Marisa – Pelanggan PT BJA - Incomer 2 Phi, Raha - Baubau, Donggala - Incomer 2 Phi, dan Likupang - Paniki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler