Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Memeriahkan HUT ke-72 Korpaskhas, Wing III Selenggarakan Lomba Tembak dan Lari Maraton

Memperingati HUT ke-72 Korps Pasukan Khas TNI AU, Wing III Paskhas yang bermarkas di Medan menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang terdiri dari lombak Tembak Danwing III Paskhas Cup 2019 dan lari maraton jarak 5 km dan 17 km.
Danwing III Paskhas Kolonel Pas Novlamirsya meraih nilai tertinggi dalam lomba Tembak Danwing III Paskhas Cup 2019. /M. Abdi Amna
Danwing III Paskhas Kolonel Pas Novlamirsya meraih nilai tertinggi dalam lomba Tembak Danwing III Paskhas Cup 2019. /M. Abdi Amna

Bisnis.com, MEDAN—Memperingati HUT ke-72 Korps Pasukan Khas TNI AU, Wing III Paskhas yang bermarkas di Medan menyelenggarakan sejumlah kegiatan yang terdiri dari lomba Tembak Danwing III Paskhas Cup 2019 dan lari maraton jarak 5 km dan 17 km.

Komandan Wing III Paskhas Kolonel Pas Novlamirsyah, mengatakan sejumlah kegiatan yang diselenggarakan dalam memperingati HUT ke-72 Paskhas TNI AU ini bertujuan mempererat tali silaturahmi antara TNI AU dengan masyarakat.

“Lomba Tembak Danwing III Paskhas Cup 2019 telah diselenggarakan pada 12-13 Oktober, adapun lari maraton akan diselenggarakan pada 20 Oktober mendatang. Tujua dari kegiatan-kegiatan ini semata-mata untuk mempererat hubungan harmonis yang telah terbangun antara TNI AU dengan masyarakat,” ujar Kolonel Pas Novlamirsyah kepada Bisnis.com, Kamis (17/10/2019).

Pada HUT ke-72 Korpaskhas ini, tema yang diusung adalah “Dilandasi Jiwa Profesional, Militan, dan Inovatif, Korpaskhas Siap Memberikan Yang Terbaik Untuk NKRI”.

Berdasarkan histori, 72 tahun silam pada 17 Oktober 1947 dilaksanakan Operasi Penerjunan Udara sekaligus Operasi Lintas Udara pertama di Indonesia, tepatnya di daerah Sambi Kotawaringin, Kalimantan Tengah.

Penerjunan yang dilaksanakan oleh 13 prajurit Angkatan Udara yang terdiri dari: Hadi Sumantri, Suyoto, Iskandar, Kosasih, Bachri, Bitak, Willem, Amirudin, Ali Akbar, Dahlan, Darius, Marawi, dan Imanuel Nuhan ini, bertugas untuk membentuk gerilyawan dalam membantu perjuangan serta mengobarkan semangat rakyat Kalimantan dalam melawan penjajah.

Dengan berbekal semangat perjuangan dan pengorbanan yang mereka miliki, peristiwa tersebut menjadi tonggak sejarah lahirnya Korpaskhas sekaligus sebagai embrio pasukan payung pertama di Indonesia.

Korpaskhas TNI AU merupakan pasukan (khusus) yang dimiliki TNI Angkatan Udara. Paskhas merupakan satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat.

Adapun Wing III membawahi tiga Batalyon dan satu Denhanud, yakni Batalyon Komando 462 di Pekanbaru, Batalyon Komando 465 di Pontianak, Batalyon Komando 469 di Medan, dan Detasemen Pertahanan Udara 473 di Pontianak, Kalimantan Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper