Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Batam Luncurkan Bakulan, Belanja Online Sayuran, Buah, Bumbu Dapur

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam meluncurkan aplikasi Bakulan berbasis android sebagai layanan daring penjualan produk pertanian Batam.
Bakulan, aplikasi belanja online sayuran, buah-buahan, dan bumbu dapur
Bakulan, aplikasi belanja online sayuran, buah-buahan, dan bumbu dapur

Bisnis.com, BATAM - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam meluncurkan aplikasi Bakulan berbasis android sebagai layanan daring penjualan produk pertanian Batam.

Produk yang dijual di aplikasi Bakulan ini adalah hasil produksi kelompok tani di Kota Batam.

"Jadi produk lokal. Ini bentuk inovasi kita. Sehingga diharapkan ada peningkatan pelayanan, baik ke petani maupun ke masyarakat," tutur Kepala DKPP Kota Batam Mardanis, Rabu (8/7/2020).

Kehadiran aplikasi ini selain untuk memudahkan masyarakat peroleh bahan pangan, juga guna mendukung usaha pertanian lokal. Kelebihannya, produk pertanian dan usaha mikro kecil menengah punya pasar penjualan.

Di sisi lain masyarakat bisa menikmati produk pangan dengan harga murah karena langsung dari produsen petani atau peternaknya.

Dengan berbelanja di Bakulan ini secara tak langsung juga mendukung para petani dan peternak. Konsumen juga dimudahkan karena tak perlu keluar rumah, barang yang dibutuhkan diantar langsung ke alamat. Apalagi di masa sekarang yang harus meminimalisir kontak fisik, tentu sangat membantu.

"Harganya juga murah, karena langsung harga dari petaninya. Dan diatur agar di bawah harga pasar. Misal cabai di pasar Rp40 ribu, di Bakulan ini 35 ribu hingg 36 ribu rupiah," paparnya.

Bakulan dapat masyarakat Batam unduh melalui google Play Store. Atau bisa klik link berikut ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.Bakulan.in.

Setelah aplikasi terpasang, masyarakat terlebih dulu mendaftar dengan memasukkan data pribadi sesuai permintaan sistem. Antara lain nama, alamat, nomor telepon, dan surel. Kemudian menagatur kata sandi atau password.

Jika sudah terdaftar, masyarakat bisa langsung mulai berbelanja. Pilihannya beragam, seperti kategori buah-buahan, bumbu, sayur-mayur, hingga sembako.

"Untuk pengiriman diusahakan hari yang sama. Misal pesan pagi jam 7 diantar jam 11-an. Tapi kalau sore, di hari berikutnya. Pembayaran juga mudah, COD (cash on delivery), barang diterima, baru bayar," kata dia.

Mardanis mengatakan pihaknya bersama koperasi petani dan peternak menargetkan 2 ton produksi lokal terjual per hari. Dan 1 ton di antaranya merupakan produk cabai. Tujuannya tak lain untuk membantu pemerintah dalam upaya menekan angka inflasi daerah.

Khusus untuk cabai, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama Koperasi Petani Batam juga membuat cabe corner. Cabai hasil produksi petani lokal dititip ke sejumlah warung yang berada di lingkungan pemukiman.

"Contohnya di Sekupang itu ada lima warung yang kita titipkan jadi 'cabe corner'. Selain itu kita juga tetap menjalankan kios mobil keliling yang menjual berbagai komoditas pangan produksi petani kita," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Bobi Bani
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper