Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aplikasi iSumbar Mambaco Mempermudah Akses Buku secara Daring

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat dianjurkan tetap di rumah dan membatasi aktivitas di luar ruangan agar terhindar virus.
Ilustras perpustakaan nondigital./JIBI-M. Ferri Setiawan)
Ilustras perpustakaan nondigital./JIBI-M. Ferri Setiawan)

Bisnis.com, PADANG — Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Provinsi Sumatera Barat meluncurkan aplikasi “iSumbar Mambaco” untuk mempermudah masyarakat membaca buku atau mencari informasi secara daring.

Kepala DPAD Sumbar Wadarusmen mengatakan saat ini kesediaan informasi merupakan suatu kebutuhan. Perpustakaan umum hadir sebagai wadah yang menyediakan fasilitas informasi bagi masyarakat

Kala pandemi Covid-19 membuat masyarakat dianjurkan tetap di rumah dan membatasi aktivitas di luar ruangan agar terhindar virus. Kondisi tersebut memberikan dampak bagi kegiatan Perpustakaan Daerah Sumbar.

Aplikasi ini terobosan baru DPAD untuk kemudahan membaca terutama di masa pandemi Covid-19 tanpa harus ke luar rumah. “Kami memberikan kemudahan dengan mengenalkan sebuah terobosan baru aplikasi iSumbar Mambaco, buku berbasis digital,” kata Wadarusmen dikutip dari siaran pers, Jumat (6/8/2020)

Peluncuran buku berbasis digital sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah anjuran menjalankan protokol kesehatan bidang pendidikan.

“Tak hanya itu, aplikasi ini bisa membantu para siswa yang kesulitan untuk mencari buku sesuai kebutuhan belajar akibat pembatasan aktivitas di luar rumah,” jelasnya.

Menurut data Pemerintah RI per Kamis (6/8/2020), kasus positif Covid-19 di Sumbar mencapai 1038, sembuh 787 orang dan meninggal 34 orang. Sementara kasus positif usia pelajar 6-18 tahun mencapai 10,7 persen. Pemerintah daerah pun belum berencana membuka seluruh sekolah secara tatap muka.

Gambaran umum iSumbar Mambaco adalah sebuah platform media sosial untuk mengakses e-Bookstore dan e-Pustaka, membangun jaringan/komunitas sesama pembaca dan tentu sebagai wadah membaca secara digital.

Aplikasi ini dapat diakses menggunakan ponsel pintar, komputer pribadi dan tab. Untuk menggunakan aplikasi iSumbar Mambaco, unduh di play store bagi pengguna android. Agar fitur dapat digunakan seluruhnya, segera daftarkan akun. Tidak banyak formulir yang mesti diisi hanya ada nama, nomor telepon, email dan kata sandi.

Jangan lupa untuk verifikasi ulang akun dari email pribadi. Setelah itu, baru bisa mengakses seluruh buku yang disediakan perpustakaan. Konsepnya sama, memilih buku yang ingin dibaca kemudian melakukan peminjaman dibatasi 3 hari. Unduh lalu masuk ke daftar bacaan di akun masing-masing.

Fitur menarik dari aplikasi ini yaitu semacam fungsi media sosial. Membangun koneksi dengan akun lainnya sesama pembaca. Semakin banyak pengikut, ada keunggulan fitur yang ditawarkan dibanding akun biasa.

Saat ini koleksi iSumbar Mambaco masih tergolong sedikit lantaran masih dalam tahap pengembangan.(K42).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eko Permadi
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper