Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejumlah Perusahaan dan Distributor Pupuk Dukung Produktivitas Pertanian Padang Pariaman

Agrosolution Manari merupakan program pendampingan intensif kepada petani dan budidaya pertanian berkelanjutan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PARIT MALINTANG - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, bekerja sama dengan sejumlah perusahaan dan distributor pupuk di Indonesia dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengatakan pertanian di daerahnya itu mendapat perhatian dari berbagai perusahaan pupuk. Pertama dari PT Tazar Guna Mandiri, yang turut membantu pertanian di Padang Pariaman berupa pelatihan yang diberikan kepada fasilitator petani melalui program Agrosolution Manari.

Dia menjelaskan Agrosolution Mambangun Nagari (Manari) merupakan program pendampingan intensif kepada petani dan budi daya pertanian berkelanjutan, serta melibatkan rantai pasok yang mengembangkan model bisnis solusi pertanian berbasis badan usaha milik nagari (BUMNag).

"Selain itu kita juga merasa sangat terbantu adanya dukungan penuh program dari PT Pupuk Indonesia yang telah melakukan pencanangan program Agrosolution ini," katanya, Kamis (13/10/2022).

Selanjutnya ada dukungan dari PT Pusri Palembang sebagai mitra integrator program Agrosolution Manari, yang nantinya dapat mendukung ketahanan pangan serta meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan produktivitas pertanian.

Bupati menyebutkan program Agrosolution Manari adalah sebuah inovasi yang diharapkan bisa mendorong sektor pertanian Sumbar khususnya di Kabupaten Padang Pariaman, menuju era pertanian modern dan berkelanjutan.

"Jadi program ini sekaligus sebagai langkah nyata perseroan mendukung ketahanan pangan serta meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan produktivitas pertanian," ujarnya.

Dengan demikian program ini dapat membantu meningkatkan produktivitas pertanian, bila produktivitas meningkat dan kemudian dapat dipasarkan dengan harga yang bagus, maka pendapatan petani juga akan meningkat.

Suhatri berharap program tersebut dapat mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk subsidi, karena penerapan Agro Solution memanfaatkan pupuk non subsidi.

“Diharapkan agar peserta dapat mengikuti sosialisasi ini dengan seksama sehingga mendapatkan informasi yang diperlukan, semoga sosialisasi ini memberikan manfaat untuk kita semua,” tutupnya.

Sementara itu, SVP Transformasi Bisnis PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Fakhrurrazi menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu tindak lanjut atas program Agrosolution yang sudah berjalan di 5 BUMNag di Kabupaten Padang Pariaman.

“Dengan harapan untuk memperkuat ekosistem yang telah ada pada program ini sehingga tujuan dari program ini sebagai solusi di bidang pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian dapat tercapai dan dapat Membangun Nagari dengan adanya peningkatan perekonomian di Nagari,” harapnya.

Di kesempatan ini, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang menyerahkan bantuan pupuk ke Pemkab Padang Pariaman.

Ada 5 BUMNag yang menjadi Pilot Project program Agrosolution di Padang Pariaman yaitu Nagari Pungguang kasiak, Kampuang Galapuang, Sunuah Tangah, Ulakan dan Sikabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper