Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Kemacetan Mudik Lebaran 2023, Jalur Bukittinggi-Padang Bakal Diuji Coba Satu Arah

Pihak kepolisian daerah Sumatra Barat tengah mempersiapkan perencanaan mengantisipasi kemacetan pada mudik lebaran 2023 untuk jalur Padang - Bukittinggi.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, PADANG - Pihak kepolisian daerah Sumatra Barat tengah mempersiapkan perencanaan mengantisipasi kemacetan pada mudik lebaran 2023 untuk jalur Padang - Bukittinggi.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar Kombes Pol Hilman mengatakan dalam waktu dekat pihak kepolisian bakal melakukan uji coba jalur satu arah atau one way untuk lalu lintas dari Bukittinggi - Padang melalui jalur Malalak.

"Jalur Padang - Bukittinggi ini merupakan titik kemacetan cukup parah saat mudik lebaran. Kini kita punya perencanaan untuk mengurai kondisi itu yakni menerapkan one way," katanya, Kamis (6/4/2023).

Dia menjelaskan adapun rencana one way itu, untuk arus lalu lintas yang datang dari arah Bukittinggi menuju Padang, akan diarahkan melalui jalur Malalak dan keluarnya di Sicincin. 

Selama ini jalur Malalak memang terbilang menjadi jalur alternatif bagi pengendara bila kondisi arus lalu lintas terlihat padat dari Bukittinggi - Padang.

Sedangkan untuk pengendara yang datang dari arah Padang menuju Bukittinggi, tetap menggunakan jalur biasanya yakni melewati Lembah Anai, Padang Panjang, Koto Baru dan hingga ke Bukittinggi.

"One way ini, akan kita uji coba dulu sebelum benar-benar kita terapkan nantinya pada saat mudik lebaran. Tentu akan melakukan evaluasi dari hasil uji coba itu, bila rasanya ada hal-hal yang perlu dibahas kembali," tegasnya.

Dia menyebutkan dijadwalkan uji coba one way akan dimulai pada Sabtu 8 April 2023 mendatang. Pihaknya bersama seluruh jajaran Ditlantas Polda Sumbar akan melakukan pengkajian lanjutan.

"Uji coba akan dimulai pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB," ujarnya.

Sementara itu, dari hasil temuan Polres Bukittinggi, ada beberapa catatan terkait kondisi jalan di Malalak.

Kasat Lantas Polres Bukittinggi, AKP Ghanda Novidiningrat, mengatakan temuan yang dimaksud yaitu adanya jembatan terban di daerah Sikabu, daerah itu akan ditemui bila pengendara datang dari arah Padang Lua menuju Malalak.

Di sana terjadi penyempitan jalan, dari awalnya lebar jalan 8 meter, kini menjadi 4 meter saja, akibat adanya jembatan yang terban

"Di Malalak ini memang rawan longsor. Bila hujan turun, Malalak berpotensi terjadi longsor. Hal ini juga akan kita sampaikan dalam rapat lebih lanjut," sebut dia.

Selain itu pihak kepolisian juga menemukan adanya penyempitan jalan berupa jembatan lama. Penyempitan jalan itu terjadi dengan lebaran jalan yang hanya 3,2 meter saja.

"Temuan ini akan dibahas nantinya, sebelum nanti uji coba dilakukan," tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper