Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sumut Raih Golden Trophy di Top BUMD Awards 2023

Plt Direktur Utama Bank Sumut Hadi Sucipto mengatakan bahwa pihaknya sangat mensyukuri apresiasi tersebut.
Bank Sumut mendapatkan penghargaan Golden Trophy, dalam Top BUMD Awards 2023
Bank Sumut mendapatkan penghargaan Golden Trophy, dalam Top BUMD Awards 2023

Bisnis.com, MEDAN - Bank Sumut mendapatkan penghargaan Golden Trophy, dalam Top BUMD Awards 2023, yang mana penghargaan tersebut diberikan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang meraih penghargaan level bintang 5 selama tiga tahun berturut-turut. 

Penghargaan tersebut diserahkan dalam acara puncak yang berlangsung pada Rabu (5/4) di Hotel Raffles Jakarta.

Turut hadir pada acara tersebut Plt Dirut Bank Sumut Hadi Sucipto, Direktur Kepatuhan Eksir dan Corporate Secretary Bank Sumut Agus Condro Wibowo.

Plt Direktur Utama Bank Sumut Hadi Sucipto mengatakan bahwa pihaknya sangat mensyukuri apresiasi tersebut. 

“Sudah tentu bahwa penghargaan tersebut didapat karena andil seluruh karyawan di Bank Sumut. apresiasi itu menjadi salah satu penambah motivasi bagi kami,” ujar Hadi di Medan, Kamis (6/4/2023).

Ia juga menjelaskan bahwa selain penghargaan Golden Trophy tersebut, Bank Sumut jug mendapatkan beberapa penghargaan lain, yakni penghargaan Top BUMD Awards 2023 BPD Bintang 5, serta penghargaan Top CEO BUMD 2023 untuk Plt Direktur Utama Bank Sumut Hadi Sucipto, dan ada juga penghargaan Top Pembina BUMD 2023 untuk Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi. 

“Penghargaan ini diberikan atas peran yang dinilai bagus, dalam membina Bank Sumut. Kesuksesan Bank Sumut tidak lepas dari peran pembinanya,” tambah Hadi.

Pada kesempatan berbeda, Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2023 M. Lutfi Handayani mengatakan tema yang diangkat tahun 2023 ini adalah ‘Inovasi Dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD’. 

Lutfi menilai inovasi sangat penting bagi BUMD, sebab, jika inovasi ditularkan, tentu hal itu mendorong BUMD lain untuk terus tumbuh. 

"Selain itu BUMD juga merupakan aset milik pemerintah daerah (Pemda), dan bila semua terus inovatif maju, tentu BUMD bukanlah sekadar aset daerah. Tetapi juga menjadi aset bangsa Indonesia. Sebab mereka mendukung pembangunan merata untuk Indonesia yang maju. Dengan demikian, permasalahan seperti kemiskinan dan lain-lain, lebih mudah diselesaikan karena peranan BUMD,” papar Lutfi.

Sementara itu, dalam sambutannya di acara puncak penghargaan tersebut, Ketua Dewan Juri Top BUMD Awards 2023, Prof Djohermansyah Djohan menjelaskan kriteria penilaian yang digunakan dalam penghargaan tersebut.

Kriteria utama penilaian oleh Dewan Juri Top BUMD Awards 2023 mengacu pada empat aspek penting untuk menentukan level bintang penghargaan dari Bintang 1 sampai yang tertinggi, yakni Bintang 5. 

Pertama, aspek pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan (atau achievement). Di sini, ada beberapa kriteria, seperti: memiliki kinerja keuangan, human capital, pemasaran, dan layanan pelanggan yang baik; pencapaian kinerjanya, mengarah pada pencapaian visi-misi BUMD-nya; memiliki aspek kepemimpinan dan sistem manajerial yang baik.

Kemudian aspek yang kedua adalah, BUMD yang terus melakukan perbaikan (atau improvement). Dalam aspek ini, kriteria penilaian yang digunakan adalah apakah BUMD memiliki inovasi bisnis secara umum; ada upaya perbaikan sistem/business process; meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional/bisnis, yang ditunjang dengan teknologi.

Sedangkan yang ketiga, adalah aspek kontribusi dalam pembangunan daerah. Kriterianya adalah, BUMD yang memiliki peran dalam peningkatan perekonomian/kesejahteraan sosial/layanan publik kepada masyarakat daerah; mendukung program Pemerintah Daerah dan/atau Program Pemerintah Pusat di daerah; berkontribusi dalam setoran PAD (untuk BUMD yang murni profit oriented).

Dan aspek yang keempat, adalah inovasi BUMD untuk mendukung bisnis BUMD agar tumbuh berkelanjutan.

Sedangkan untuk tambahan kriteria untuk mendapat Level Bintang 5 (tertinggi), adalah BUMD yang dapat menjadi benchmark/contoh/inspirasi bagi BUMD lainnya. Jadi, BUMD Bintang 5, harus memiliki kinerja bisnis yang sangat baik, dan ada hal-hal tertentu yang dinilai sangat menonjol, dan layak direkomendasikan atau menjadi benchmark bagi BUMD lainnya.

“Dan pada penyelenggaraan Top BUMD Awards 2023 ini, ada 8 BUMD yang telah berhasil mendapatkan penghargaan level Bintang 5 selama tiga tahun berturut-turut, sehingga akan mendapatkan penghargaan spesial berupa Golden Trophy Top BUMD Awards,” kata Djohermansyah.

Dewan Juri juga menetapkan penghargaan Top Pembina BUMD 2023. Penghargaan Top Pembina BUMD diberikan kepada kepala daerah (gubernur, bupati, walikota) yang BUMD-nya mendapat penghargaan dalam kegiatan Top BUMD 2023 ini.

“Penghargaan ini diberikan karena Dewan Juri menilai, bahwa keberhasilan kinerja BUMD, tentu tidak lepas dari dukungan dan peran kepala daerahnya,” Djohermansyah menambahkan.

1680777637_df55aca8-d3d6-4992-8e5e-42cf956eaec9.
1680777637_df55aca8-d3d6-4992-8e5e-42cf956eaec9.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ade Nurhaliza
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper