Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Batam Diimbau Mudik Lebih Awal, Ini Pemicunya

Jumlah pemudik di Kepulauan Riau (Kepri) pada Lebaran kali ini diprediksi mencapai enam juta orang, baik yang keluar maupun yang masuk ke Kepri.
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Batam, M Takwin./Bisnis
Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Batam, M Takwin./Bisnis

Bisnis.com, BATAM — Warga Batam yang hendak mudik Lebaran pada momen Idulfitri 1444H/2023 M diimbau melakukan perjalanan lebih awal untuk menghindari penumpukan penumpang.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Batam, M Takwin mengimbau warga Batam agar melakukan mudik lebih awal untuk menghindari penumpukan penumpang di pelabuhan-pelabuhan domestik di Batam. "Ini sebagai upaya mengurangi volume penumpang di pelabuhan saat puncak mudik nanti," kata Takwim di Batam, Senin (10/4/2023).

Selain mengimbau mudik lebih awal, ia juga meminta agar pemudik memastikan seluruh kesiapan dokumen dan tiket perjalanan telah terdaftar. "Biar mudah dipantau dan tak ada masalah saat berangkat," ucapnya.

KSOP telah melakukan pengecekan terhadap 40 armada kapal yang melayani mudik di Batam. Semuanya dalam keadaan bagus untuk menghadapi musim mudik. Untuk memastikan kelancaran arus penumpang, sebanyak 200 personel aparat yang terdiri dari polisi, Bea Cukai (BC), Imigrasi, hingga Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dipersiapkan dalam angkutan Lebaran 2023.

"Jadi buat tim itu ada KSOP dan instansi terkait sudah rapat koordinasi kurang lebih 1 minggu sebelum posko berjalan. Dan disiagakan mulai H-15 sampai H+15 Lebaran. Jadi dari tanggal 7 April sampai 5 Mei," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Junaidi mengatakan jumlah pemudik di Kepulauan Riau (Kepri) pada Lebaran kali ini diprediksi mencapai enam juta orang, baik yang keluar maupun yang masuk ke Kepri.

"Mudik tahun lalu masih ada pembatasan, jadi hanya sekitar dua sampai tiga juta orang. Sekarang sudah tidak ada, diperkirakan tahun ini mencapai enam juta pemudik," paparnya.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), pada Lebaran tahun ini akan terjadi peningkatan hingga 123 juta orang jumlah pemudik, yang sebelumnya hanya 85 juta orang pemudik se-Indonesia. (K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper