Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Kembali Naikkan Harga BBM, Khusus Batam Berikut Harganya

Pertamina kembali melakukan penyesuaian harga BBM nonsubsidi per Senin (1/4/2023) secara nasional.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BATAM - Pertamina kembali melakukan penyesuaian harga BBM nonsubsidi per Senin (1/4/2023) secara nasional.

Khusus untuk Batam yang merupakan wilayah Free Trade Zone (FTZ), harganya sedikit berbeda. Pasalnya penyesuaian mengacu pada rata-rata Means of Platts Singapore (MOPS) periode 25 Maret 2023-24 April 2023.

Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga Susanto August Satria mengatakan penyesuaian tersebut mengacu pada regulasi pemerintah, sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar.

"Untuk harga BBM jenis gasoil Dexlite (CN 51) mengalami penyesuaian turun harga menjadi Rp12.900 dari sebelumnya Rp14.850. Sedangkan Pertamina Dex (CN 53) disesuaikan menjadi Rp13.800 dari sebelumnya Rp16.000," katanya, Senin (1/5/2023).

Lalu untuk harga BBM jenis gasoline Pertamax Turbo (RON 98) mengalami penyesuaian harga menjadi Rp14.300 dari sebelumnya Rp15.600. Sedangkan Pertamax (RON 92) disesuaikan menjadi Rp13.300 dari sebelumnya Rp13.800.

"Harga BBM Pertamina masih paling kompetitif dibandingkan perusahaan lain dan harga tersebut malah memenuhi ketentuan batas atas pada periode Mei 2023 yang ditetapkan untuk setiap jenis BBM," ungkapnya.

Ia menekankan bahwa Pertamina mempertimbangkan berbagai aspek dalam penyesuaian harga antara lain, harga minyak mentah, serta publikasi MOPS dan kurs.

"Supaya tetap bisa menjamin keberlangsungan penyediaan dan penyaluran BBM hingga ke seluruh pelosok tanah air," pungkasnya. (K65)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper