Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aneka Rupa & Bentuk Jimat Peserta CPNS

Belasan peserta CPNS Pemkab Madiun kedapatan membawa jimat saat hendak mengikuti tes CAT di Asrama Haji Kota Madiun.
Ilustrasi proses ujian seleksi CPNS./Antara-Muhammad Adimaja
Ilustrasi proses ujian seleksi CPNS./Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, MADIUN – Belasan peserta CPNS Pemkab Madiun kedapatan membawa jimat saat hendak mengikuti tes CAT di Asrama Haji Kota Madiun. Jimat tersebut disembunyikan peserta tes CPNS di saku hingga kerah baju.

Kepala Bidang Mutasi Pegawai BKD Kabupaten Madiun, Sri Diana Kusumaningrum, mengatakan selama pelaksanaan tes computer assisted test (CAT) CPNS Kabupaten Madiun ditemukan belasan peserta tes yang membawa benda-benda mencurigakan yang diduga jimat. Benda-benda tersebut berhasil disita dari peserta saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas jaga.

Dia mengatakan benda yang diduga sebagai jimat ini berupa lipatan kertas, lipatan kain, potongan besi, hingga potongan kayu. Peserta menyembunyikannya ada yang di lipatan kerah baju, sepatu, saku, dan lainnya.

"Yang boleh dibawa saat masuk ke ruang tes CPNS hanya kartu ujian, KTP, dan pensil. Selain itu tidak boleh dibawa, makannya benda-benda itu disita petugas," kata dia, Selasa (6/11/2018).

Diana menuturkan benda-benda yang diduga jimat yang dikumpulkan itu kemudian dibuang oleh petugas. Benda ini dibuang karena dianggap sebagai barang tak berharga.

Panitia sebelumnya juga telah berkali-kali mengingatkan kepada peserta untuk menitipkan barang berharga ke saudara atau dititipkan di tempat penitipan barang yang telah disiapkan petugas.

"Kalau peserta masih membawa barang-barang itukan kami anggap itu bukan barang berharga," ujar dia.

Lebih lanjut, Diana menuturkan jumlah peserta tes CPNS di Pemkab Madiun ada sebanyak 3.048 orang. Panitia membaginya menjadi tiga hari yaitu Sabtu-Senin (3-5/11/2018).

Pada hari pertama ada lima sesi dengan jumlah peserta sebanyak 954 orang. Hari kedua ada lima sesi dengan peserta sebanyak 954 orang. Dan hari terakhir yaitu ada enam sesi dengan peserta sebanyak 1.140 orang.

Selama tiga hari pelaksanaan tes CAT itu ada puluhan peserta yang tidak hadir atau absen. Secara otomatis peserta yang tidak hadir mengikuti tes akan gugur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Jalil
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler