Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Malang minta PDAM Realisasikan Layanan 100% di 2019

Pemkot Malang meminta cakupan layanan air minum 100% oleh PDAM setempat bisa tercapai paling lambat pada 2019 dengan dioperasikannya Total Water Utility Integrated Network (TWUIN), sistem teknologi informasi yang terintegrasi.
Pjs. Dirut PDAM Kota Malang Anita Sari tengah menunjukkan operasional TWUIN di Command Center PDAM Malang pada peluncuran PDAM Digital Transformation Summit 2018 di Malang, Kamis (13/12/2018)/Bisnis-Choirul Anam
Pjs. Dirut PDAM Kota Malang Anita Sari tengah menunjukkan operasional TWUIN di Command Center PDAM Malang pada peluncuran PDAM Digital Transformation Summit 2018 di Malang, Kamis (13/12/2018)/Bisnis-Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG—Pemkot Malang meminta cakupan layanan air minum 100% oleh PDAM setempat bisa tercapai paling lambat pada 2019 dengan dioperasikannya Total Water Utility Integrated Network (TWUIN), sistem teknologi informasi yang terintegrasi.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan dengan diterapkan TWUIN di PDAM maka bisa dilakukan percepatan terkait layanan pada pelanggan, termasuk percepatan pelayanan sambungan baru.

“Saya mengecek sendiri pengoperasian TWUIN. Dengan memanfaatkan TWUIN, maka kapan palaporan masuk dan kapan penanganan serta solusi, bisa tercatat dengan baik,” katanya, saat peluncuran PDAM Digital Transformation Summit 2018 di Malang, Kamis (13/12/2018).

Saat ini, pelanggan cakupan pelanggan PDAM Kota Malang sudah mencapai 88% sehingga masih cukup waktu mencapai 100% di 2019.

Lewat pemanfaatan TWUIN pula, kata Sutiaji, PDAM bisa melakukan efisiensi dari berbagai aspek sehingga mendongkrak pendapatan. Tingkat Kebocoran air bisa ditekan menjadi hanya 19%, sudah di bawah batas toleransi yang ditetapkan pemerintah sebesar 20% dan tahun depan diharapkan bisa turun lagi menjadi 17%.

Saat ini, pendapatan sudah hampir mencapai ideal, yakni 10% dari aset Pemkot Malang yang mencapai Rp430 miliar kembali ke pemda sebagai pemegang saham.

“Tahun ini sudah mencapai Rp41 miliar, dan tahun depan kami berharap bisa lebih besar lagi.

Untuk percepatan pertambahan pelanggan, bisa dilakukan karena operasional sudah efisien, juga kapasitas terpasang dari air baku yang dikuasai PDAM Kota Malang masih mencukupi.

Namun ke depan, kata Wali Kota, PDAM perlu menjaga keandalan penyediaan air baku dengan memanfaatkan sumber-sumber air di dalam kota, bahkan memanfaatkan air baku dari sungai. “Kami sudah meminta PDAM mendata potensi air baku di dalam kota yang bisa dimanfaatkan,” katanya.

Upaya mendongkrak pendapatan, kata Sutiaji, bisa dilakukan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki, seperti memberikan pelatihan terkait tranformasi digital bagi PDAM-PDAM lain yang membutuhkan.

Karena itulah, nantinya PDAM perlu membangun unit-unit usaha baru sehingga dibutuhkan revisi Perda tentang PDAM.

Pjs. Dirut PDAM Kota Malang Anita Sari mengatakan pihaknya berkomitmen menjalankan seluruh proses bisnis perusahaan akan didukung dengan teknologi informasi dan komunikasi yang memadai.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan upaya  mewujudkan optimalisasi performa kinerja operasional perusahaan, yakni cepat, tepat, efisien, dan efektif.

“Salah satu kebutuhan sistem untuk mempercepat informasi di pelayanan dalam mengatasi masalah maka sangat dibutuhkan TWUIN Command Center di PDAM Kota Malang,” katanya.

TWUIN Command Center tersebut oleh operator dengan system bekerja shif selama 24 jam untuk memonitor dan mencontrol semua sistem di jaringan pipa mulai dari produksi sampai distribusi.

Total Water Utility Integrated Network (TWUIN) adalah sistem teknologi informasi yang ter-integrasi terdiri dari 4 (empat) modul utama, yakni Water Utility Integrated Network (WUIN) yang terdiri atas manajemen aset, modul analisis monitoring SPAM, sistem kendali jarak jauh (tandon air, rumah pompa, dan district meter area).

Juga, Customer Information System (CIS) yang terdiri atas Billing System, Sistem Pencatatan Pemakaian Meter Pelanggan, Sistem Work Order untuk menangani keluhan pelanggan.

Selanjutnnya, Utility Administration System (UAS) yang terdiri atas e-OFFICE, e-Finance, e-Inventory, Manajemen Lembur, HRD, LPSE, dan e-RA; Geographical Information System (GIS) yang memetakan wilayah pelayanan PDAM Kota Malang, titik lokasi pelanggan, dan aset-aset SPAM (sistem penyediaan air minum).

Dalam TWUIN Command Center yang akan dibangun, dibutuhkan perangkat untuk menampilkan semua informasi data dengan jelas melalui video wall.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper