Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejar Rp2 Triliun, Jatim Buka Peluang Investasi Bidang BBM

Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka peluang investasi bidang penyaluran bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah kabupaten sejalan dengan upaya mencapai target perolehan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sekitar Rp2 triliun tahun ini.
SPBU/Antara
SPBU/Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka peluang investasi bidang penyaluran bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah kabupaten sejalan dengan upaya mencapai target perolehan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sekitar Rp2 triliun tahun ini.

Kepala Bidang PLL Bapenda Pemprov Jatim, Ismawan Taramurti mengatakan saat ini daerah di Jatim yang masih sangat berpeluang membutuhkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) yakni Malang, Madiun dan Jember.

"Di sana yang besar-besar potensinya, karena setiap tahun kami mengadakan record wajib pungut yang berkontribusi terhadap pajak bahan bakar kendaraan, jadi kami punya data jumlah kendaraan di setiap daerah," katanya saat peresmian SPBU Shell Surabaya Barat, Kamis (17/1/2019).

Dia mengatakan perkembangan jumlah kendaraan bermotor di Jatim dalam 5 beberapa tahun terakhir sangat pesat.

Saat ini di Jatim tercatat ada 19 juta unit kendaraan bermotor yang dimiliki masyatakat Jatim.

Ismawan menambahkan, dari total penerimaan pajak bahan bakar kendaraan bermotor di Jatim tersebut, sebanyak 95% memang dikontribusi oleh Pertamina.

"Sisanya dikontribusi oleh Pertamina Patra Niaga, dan AKR Group. Bahkan pada 2005 pernah dikontribusi oleh Shell yang memberikan 5 besar dari total pendapatan pajak yakni sekitar Rp3 miliar, dam informasinya 2019 Shell ditarget Rp5 miliar," jelasnya.

Dia berharap, banyak kalangan swasta lainnya yang mau mengisi ceruk pasar BBM di Jatim, seperti Shell yang beroperasi kembali di Jatim dengan membuka 4 SPBU bersamaan yakni 2 SPBU di Surabaya dan 2 SPBU di Sidoarjo.

"Alhamdulillah, Shell kembali masuk ke Jatim, seandainya Shell buka di kota-kota besar di seluruh Jatim," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper