Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

250 Penyintas Covid-19 Ikut Donor Plasma Konvalesen Pelindo III

Donor plasma konvalesen yang digelar Pelindo III di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Tanjung Perak pada 21 Januari 2021 ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap upaya memerangi Covid-19.
Donor plasma konvalesen digelar Pelindo III di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Tanjung Perak.
Donor plasma konvalesen digelar Pelindo III di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Tanjung Perak.

Bisnis.com, SURABAYA - Sedikitnya sudah ada 250 orang penyintas Covid-19 yang mendaftar menjadi peserta pendonor plasma konvalesen bersama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III pada peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional.

Direktur SDM dan Umum Pelindo III, Edi Priyanto mengatakan donor plasma konvalesen yang digelar Pelindo III di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Tanjung Perak pada 21 Januari 2021 ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap upaya memerangi Covid-19.

“Pertama kami turut prihatin atas pandemi ini, tentunya untuk peduli saja tidak cukup, kita harus berupaya, berikhtiar, salah satunya ikut mendorong program donor konvalesen karena ini salah satu terapi efektif untuk membantu kawan-kawan yang saat ini berjuang melawan Covid-19 dalam tubuhnya,” katanya, Kamis (21/1/2021).

Dia mengatakan dalam membantu pasien Covid-19 melalui plasma konvalesen ini juga tidak bisa dilakukan sendiri oleh PMI. Untuk itu, peran dari banyak pihak sangat dibutuhkan dalam pengumpulan plasma ini.

“Ini merupakan kegiatan yang kedua, yang pertama sudah Desember lalu, dan kini kita selenggarakan lagi dengan mengundang masyarakat luas, harapannya nanti dengan diberikan donor plasma, kawan kita yang berjuang mudah-mudahan bisa diselamatkan dan sembuh seperti sedia kala,” imbuhnya.

Edi menambahkan dalam proses donor plasma ini, peserta dilakukan skrining administrasi dan tes darah. Jika lolos, nanti pengambilan darah akan dilakukan di PMI mengingat proses pengambilan plasma konvalesen ini berbeda dengan donor darah pada umumnya.

“Jadi ada peserta yang tidak lolos administrasinya, lalu nanti peserta dicek PMI, besok pagi yang lolos akan dilakukan pengambilan darah, tetapi harus di PMI karena beda dengan donor biasanya, kalau plasma konvalesen ada alat khusus,” imbuhnya.

Selain donor konvalesen, rencananya Pelindo III juga akan menggelar donor darah umum bagi masyarakat luas pada 22 Januari 2021, setidaknya sudah ada 140 orang yang telah mendaftar, termasuk menggelar lomba TikTok dan video untuk memeriahkan hari K3 Nasional..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper