Didaulat Jadi Ketua Pelaksana Pernikahan Kaesang, Erick Semakin Dekat dengan Milenial dan Gen Z

Menteri Erick menjadi ketua pelaksana pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang bakal digelar 10 Desember 2022 mendatang.
Foto: Erick Thohir-JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha
Foto: Erick Thohir-JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.Comm., dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (Unibraw) menilai ditunjuknya Menteri Erick menjadi ketua pelaksana pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang bakal digelar 10 Desember 2022 mendatang menunjukan kepada publik jika bahwa Presiden Joko Widodo memberikan kepercayaan lebih kepada pembantunya. Kepercayaan ini tak hanya sekadar tugas formil sebagai pejabat Negara, namun Menteri Erick juga dipercaya untuk menjalankan tugas keluarga Presiden Jokowi.

Selama ini mungkin banyak orang yang beranggapan jika Menteri Erick hanya bisa mengeksekusi pekerjaan sebagai pejabat publik. Namun kini publik bisa melihat Menteri Erick juga bisa mengeksekusi pekerjaan keluarga Presiden Jokowi. Tentu saja nantinya kesuksesan ketika menjadi ketua pelaksana pernikahaan putra bungsu Presiden Jokowi ini dinilai Anang akan mengharumkan nama Menteri Erick di mata publik.

"Sebenarnya penunjukan sebagai ketua pelaksana pernikahan Kaesang dan Erina berpotensi dijadikan momen yang sangat bagus bagi pak Erick untuk menunjukan keberhasilan beliau di dalam tugas sebagai Menteri BUMN tetapi juga bisa menjalankan tugas lain sebagai bagian keluarga Presiden Jokowi. Kedekatan Pak Erick dari kaca mata komunikasi berpotensi untuk mengharumkan nama dan meningkatkan exposure beliau," terang Anang.

Anang juga menilai dengan menjadi ketua pelaksana pernikahaan putra bungsu Presiden Jokowi, Menteri Erick berpotensi untuk mendekatkan kepada kaum milenial. Tinggal sekarang bagaimana Menteri Erick menjadikan event tersebut untuk melakukan engagement kepada kaum milenial. Caranya adalah dengan membangun dialog dan interaksi dengan kaum milenial.

Memang Kaesang memiliki banyak follower di sosial medianya. Namun pengikut media sosial Kaesang yang mayoritas kaum milenial dinilai Anang tak serta-merta dapat berinteraksi langsung dengan Menteri Erick. Menurut Dosen komunikasi Unibraw ini, komunikasi dengan milenial ada caranya dan membutuhkan waktu. Memang interaksi tidak perlu mendatangi satu persatu. Pak Erick cukup mengundang influencer untuk menyampaikan gagasan dan idenya

"Menjadi ketua pelaksana pernikahan Kaesang ini berpotensi dijadikan aktifitas untuk mendekatkan Menteri Erick ke kaum milenial. Misalnya Menteri Erick dan Kaesang bisa menunjukan beberapa moment kedekatan mereka di sosial media. Bisa juga Menteri Erick menunjukan ide dan gagasan kepada kaum milenial bersama Kaesang. Untuk memikat kaum milenial tak hanya sekadar menunjukan kedekatan melalui ide atau pernyataan. Perlu menunjukan kedekatan fisik," ungkap Anang.

Menjadi ketua pelaksana pernikahan Kaesan dinilai Anang juga berpotensi dijadikan momentum Menteri Erick memperkenalkan budaya khususnya Jawa kepada kaum milenial. Beberapa pagelaran internasional seperti G20 yang menampilkan budaya Indonesia, nilai tradisional bisa dikemas menjadi lebih modern dan disukai kaum milenial.

"Pasta rakyat yang akan diselenggarakan di pernikahan Kaesang mungkin akan disajikan dengan cara yang modern. Bukan lagi identik dengan kaum marginal. Jika nanti perkawinan Kaesang bisa dikemas dengan konsep pesta rakyat yang moderen, tentu akan akan memperkenalkan budaya Jawa kepada kaum milenial. Dan ini otomatis akan meningkatkan exposure menteri Erick di kaum milenial,"pungkas Anang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper