Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanggapi Demo PHK Sidoarjo, Apindo Jatim Minta Industri Jaga Iklim Usaha

Industri diminta mencari solusi terbaik ketika menghadapi persoalan PHK, misalnya berkoordinasi dengan dinas, agar tidak terjadi aksi berkepanjangan.
Ilustrasi./adweek.com
Ilustrasi./adweek.com

Bisnis.com, SURABAYA - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur meminta kalangan industri yang tengah mengalami masalah terkait ketenagakerjaan agar mencari solusi dengan menggandeng pemerintah terkait sehingga tidak berdampak pada kinerja industri lainnya.

Ketua Apindo Jatim, Eddy Widjanarko mengatakan baru-baru ini terjadi aksi demo pekerja di wilayah Sidoarjo akibat terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Hanya saja, pekerja yang ter-PHK tersebut merupakan pekerja di wilayah Pasuruan.

“Kasus PHK di Pasuruan ini adalah pekerja perusahaan permen dari PT Agel Langgeng yang berlokasi di Cangkringmalang, Beji, Pasuruan. Perusahaan ini memang mengalami penurunan produksi sampai akhirnya berhenti beroperasi, dan harus mem-PHK karyawannya,” jelasnya, Jumat (31/3/2023).

Akibat berhenti operasi tersebut, PT Agel Langgeng memutuskan PHK terhadap sebanyak 273 karyawan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 122 karyawan telah sepakat untuk mengakhiri hubungan kerja, dan sebanyak 151 pekerja lainnya masih menunggu proses penyelesaian.

“Namun sayangnya, aksi demo yang terjadi pada 29 Maret lalu, dilakukan para pekerja tersebut di kawasan Sepanjang, Sidoarjo tepatnya di depan Kapal Api hingga menutup jalan raya, padahal PT Santo Jaya Abadi tidak ada kaitannya dengan masalah PHK itu,” ujarnya.

Hal tersebut, lanjut Eddy, dapat menggangu dan merugikan industri lainnya yang sedang berproduktivitas. Padahal, industri lain saat ini juga sedang fokus melakukan pemulihan setelah sebelumnya sempat terimbas pandemi.

Untuk itu, industri diimbau agar mencari solusi terbaik ketika menghadapi persoalan seperti ini, misalnya berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan sehingga tidak terjadi demo berkepanjangan.

"Kami berharap masalah-masalah seperti ini, bisa segera dicarikan solusi karena hal ini berdampak dampak negatif terhadap investasi dan dunia usaha di Jatim," imbuh Eddy.

Menurutnya, dalam setiap upaya pengembangan usaha dan investasi, perlu adanya kepastian hukum dari pemerintah, termasuk kepada investor yang melakukan pengembangan usaha di Indonesia wajib mengikuti aturan hukum yang ada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler