Ini Woolim, Tablet dari Korea Utara

Nancy Junita
Rabu, 4 Januari 2017 | 13:05 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan tablet Woolim/Istimewa
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan tablet Woolim/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Utara (Korut) baru-baru ini merilis komputer tablet bernama Woolim, perangkat berbasis Android dengan sejumlah modifikasi yang disesuaikan dengan negara tersebut.

Tablet tersebut dibuat oleh perusahaan China, Hoozo, dan terlihat seperti tablet Android pada umumnya, kecuali perangkat lunaknya, seperti yang dilansir dari laman India Times.

Pemerintah Korut menghilangkan komponen komunikasi radio, sehingga perangkat tersebut tidak memiliki chip Wi-Fi dan Bluetooth.

Pengguna hanya dapat tersambung ke intranet milik pemerintah, bernama "Gwangmyeong", tulis laman NK News.

Koneksi tersebut sudah lulus sensor pemerintah dan berisi propaganda, termasuk untuk sambungan hiburan maupun pendidikan.

Pemerintah dapat mengetahui aktivitas berselancar para pengguna Woolim karena setiap beberapa waktu perangkat tersebut akan mengambil screenshot.

Tablet juga akan mengambil dan mengirimkan screenshot ke server setiap kali ada aplikasi yang diluncurkan di negeri pimpinan Kim Jong Un itu.

Pengguna tidak dapat memasang aplikasi tambahan selain bawaan dari Woolim karena operating system terkunci dan tidak dapat diubah.

Hanya aplikasi yang disetujui Pemerintah Korut dapat dipasang di perangkat tersebut, seperti aplikasi pendidikan, kamus, permainan kartu dan Talking Tom cat.

Selain itu, Korut juga memblokir materi video tidak bersertifikat.

Biaya pembuatan tablet Woolim sekitar 170 dolar per perangkat dan diperkirakan dijual dengan harga lebih tinggi, sehingga hanya kalangan berduit yang mampu membelinya. Penghasilan bulanan pekerja di Korut sekitar 40-75 dolar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper