Dukung Proyek Data Science, TIBCO dan XL Axiata Jalin Kerja Sama

Deandra Syarizka
Jumat, 18 Januari 2019 | 06:40 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - TIBCO Software Inc, perusahaan yang bergerakbidang integrasi, manajemen API, dan analitik, bersama dengan XL Axiata, operator layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia, hari ini mengumumkan aliansi strategis dengan tujuan untuk memantapkan proyek Data Science, inisiatif percontohan milik XL Axiata.

Sebagai salah satu pelanggan ternama TIBCO di Asia, XL Axiata memahami bahwa kolaborasi ini akan memberikan kesempatan untuk melengkapi para data scientist (ilmuwan data) dengan alat yang dibutuhkan agar dapat bekerja secara efektif serta memberikan teknik dan teknologi paling inovatif untuk mengatasi berbagai persoalan data yang sedang dihadapi.

Selain menawarkan solusi analitik yang kokoh seperti TIBCO Data Science, kemitraan yang berkembang ini juga akan merangkul potensi cloud technology (teknologi awan) di area penyebaran spesifik proyek Data Science.

“Banyak perusahaan saat ini telah mengakui pentingnya analisis data dari perspektif bisnis. Hal ini membentuk dan mengubah cara mereka terlibat dengan para pelanggan agar tetap kompetitif,” ungkap Melissa Ries, general manager TIBCO untuk Asia Pasifik dan Jepang, seperti dikutip, Kamis (17/01).

Menurutnya, hal ini berlaku terutama bagi negara-negara yang saat ini sedang berkembang pesat seperti Indonesia, sebagai salah satu pasar konsumen dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Ries meyakini bahwa para ilmuwan data XL Axiata akan dilengkapi dengan alat yang tepat untuk membantu mereka beradaptasi terhadap peningkatan permintaan analisis data yang akurat.

“Pada akhirnya, kami ingin meningkatkan cara mereka bekerja dengan memungkinkan mereka memanfaatkan daya pemrosesan dari tren pembelajaran dan memanfaatkan Kecerdasan Buatan (AI) pada analisis data,” ujarnya.

Keri Oetarto, group head, teknologi informasi, XL Axiata menjelaskan, kerjasamanya dengan TIBCO akan menghadirkan  menghadirkan platform teknologi yang konsisten di berbagai unit bisnis

“Pengalaman yang TIBCO miliki akan membantu kami dalam membangun kemampuan di bidang data science. Kolaborasi ini juga bertujuan untuk memastikan para ilmuwan data kami tetap sadar akan pesatnya gelombang pertumbuhan digital dalam perspektif regional dan global,” ujarnya.

Dia menambahkan, simuwan data XL Axiata akan dilengkapi dengan mesin komputasi canggih dan lingkungan pengembangan untuk bahasa statistik yang banyak digunakan yang didukung oleh R, Python, dan kebahasaan terkait lainnya. Inisiatif ini akan memberdayakan para pengguna untuk mengimplementasikan teknologi secara lebih efisien, terutama kebahasaan dan perpustakaan, pada lingkungan di dalam infrastruktur perusahaan yang lebih luas.

Selain kolaborasi dengan XL Axiata, TIBCO telah bekerja dengan beberapa perusahaan dari berbagai industri di Asia Tenggara dan sekitarnya, salah satunya dengan berbagai lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mendukung perjalanan digital mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper