Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16,3% Saat Pemilu 2019

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 19 April 2019 | 09:56 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular terus mengawal dan melayani kebutuhan komunikasi pada momentum Pemilu 2019. 

Pada pesta demokrasi tahun ini, tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 18,5 petabyte atau meningkat 16,3% dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2019. 

Dari angka tersebut, diketahui Sumatera Barat dan Riau menjadi Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi, yaitu masing-masing mengalami peningkatan 28% dibandingkan hari normal, diikuti wilayah Sulawesi (19,5%) dan wilayah Jawa Barat (18,3%). 

Untuk layanan suara dan SMS, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar 10% menjadi 1,125 miliar menit, hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang mengalami penurunan 7,8% menjadi 482 juta SMS.

GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk selalu menjadi bagian dari kesuksesan berbagai perhelatan maupun momen nasional dalam hal penyediaan layanan komunikasi, termasuk pada Pemilu tahun ini. 

"Dalam Pesta Demokarasi yang juga berdekatan dengan momen Ramadhan dan Idul Fitri, kami telah menyiapkan dan memastikan infrastruktur jaringan agar selama masa tenang, Pilpres, Hari Pemilihan hingga Pengumuman, layanan komunikasi berjalan lancar dan tidak ada gangguan ataupun kendala yang berarti," kata Denny dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (19/4/2019).

Dia juga menambahkan bahwa perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan data masih mendominasi dibanding layanan suara dan SMS. 

Hal ini seiring dengan meningkatnya masyarakat dalam memanfaatkan layanan-layanan digital

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang terjadi pada momen Pemilu 2019, sejak jauh hari Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan di seluruh Indonesia. Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di lebih dari 1.400 titik yang terdiri dari KPU Pusat, KPU Daerah, TPS, Bawaslu, Kantor Kepolisian dan Militer di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper