"Dosa" Facebook Bertambah, Sejak 2016 Ternyata Unggah 1,5 Juta Kontak Email Pengguna

Rahmad Fauzan
Jumat, 19 April 2019 | 16:18 WIB
Logo Facebook/Reuters
Logo Facebook/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Facebook Inc., pada Rabu (16/4) lalu mengatakan perusahaan secara tidak sengaja mengunggah sebanyak 1,5 juta kontak email pengguna barunya sejak 2016.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (19/4), Facebook telah menghentikan permintaan verifikasi menggunakan password email sebagai opsi bagi orang-orang yang baru mendaftarkan diri di platform tersebut.

Hal tersebut dilakukan karena pernah terdapat kasus kontak email diunggah ke Facebook ketika pengguna membuat akun.

“Estimasi kami, lebih dari 1,5 juta kontak email pengguna yang sudah diunggah. Kontak-kontak itu tidak akan dibagikan kepada pihak lain dan kami hapus,” ujar pihak Facebook, Kamis (18/4).

Facebook sudah beberapa kali dipermasalahkan terkait persoalan privasi selama beberapa waktu belakangan. Di antaranya, ketika terungkap bahwa jutaan password pengguna facebook dapat dilihat oleh pegawai internal perusahaan tersebut.

Tahun lalu, Facebook juga bermasalah ketika Cambridge Analytica, sebuah firma konsultan politik di Inggris, memperoleh data pribadi jutaan pengguna Facebook tanpa sepengetahuan mereka.

Selain itu, Facebook juga berhadapan dengan kritik para anggota parlemen di banyak negara karena dianggap mengelabui pengguna demi mendapatkan data personal dan beberapa masalah lain seperti ujaran kebencian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper