Layanan Operator Seluler RI untuk Jemaah Haji, Mana Terbaik?

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 12 Juli 2019 | 07:47 WIB
Jemaah tengah berada di Mina, Arab Saudi, pada pelaksanaan ibadah haji 2017/Reuters-Suhaib Salem
Jemaah tengah berada di Mina, Arab Saudi, pada pelaksanaan ibadah haji 2017/Reuters-Suhaib Salem
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –- Momentum ibada haji dimanfaatkan oleh operator seluler untuk menebar paket promo haji yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, tujuannya agar pelanggan Indonesia tidak perlu mengganti kartu  SIM saat berada di Arab Saudi.

Berikut beberapa paket Internet yang bisa kamu pilih untuk menemanimu beribadah:

Telkomsel   

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengeluarkan paket Promo Haji berupa paket roaming yang menggabungkan kuota internet, panggilan suara, dan SMS. Dengan paket ini pelanggan dapat menghemat biaya lebih dari 50% dengan mengaktifkan pilihan Paket Promo Haji 3-in-1.

Paket dari Telkomsel bisa diaktifkan tanpa harus mengganti kartu SIM atau mengubah setelan di ponsel sekaligus menjaga agar penggunaan internet harian tetap terkendali.

Telkomsel menyediakan beragam paket dengan periode penggunaan yang berbeda, mulai dari paket dengan masa berlaku 20 hari hingga 40 hari dengan harga paket paling rendah senilai Rp550.000

Selain menyediakan paket, Telkomsel juga menyediakan layanan pusat panggilan gratis 24 jam serta membuka kantor layanan GraPARI di Makkah, dan Madinah di Arab Saudi. GraPARI di kedua kota melayani seluruh kebutuhan pelanggan seperti seperti informasi dan aktivasi produk dan layanan, pembaruan kartu 4G, dan ganti kartu hilang atau rusak.

Aktivasi paket-paket tersebut, dengan mengakses menu USSD dan menekan *266*15#. Pada menu akses *266#, Telkomsel juga menghadirkan layanan Roaming Gift.

XL Axiata

Bekerja sama dengan ketika operator seluler GSM di Arab Saudi yaitu Mobility, Saudi Telecom, dan Zain, XL Axiata mengeluarkan Paket XL Umroh & Haji yang  dibanderol dengan harga yang beragam mulai dari harga Rp149.000 sampai Rp549.000.

Paket tersebut menyediakan layanan telepon dan SMS, paket internet, dan kombinasi keduanya untuk masa pakai 10 hari, 20 hari, dan 40 hari.

Paket XL Umroh & Haji ini dapat dibeli di aplikasi myXL atau menu *123*747#. Selain itu, juga bisa didapatkan di XL, Alfamart, dan e-commerce seperti traveloka, tokopedia, bukalapak, shopee, go-jek, dan blibli.com

 Indosat Ooredoo

PT Indosat Tbk. (Indosat Ooredoo) juga bekerja sama dengan semua operator seluler di Arab Saudi agar bisa tetap melayani pelanggan Indosat yang sedang beribadah haji.

Indosat Ooredoo memiliki layanan bernama Unlimeted Roam Haji tidak hanya bisa digunakan di Arab Saudi, tetapi juga di negara lain di imur Tengah termasuk Turki, Mesir, Palestina, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Harga yang dikenakan untuk paket ini mulai dari Rp275.000 dengan pilihan masa aktif selama 45 hari.

Pelanggan prabayar Indosat dapat langsung menggunakan Unlimited Roam Haji secara tanpa registrasi sepanjang pulsa mencukupi. Pelanggan pascabayar Indosat harus mengatifkan roaming internasional sebelum menggunakan layanan tersebut.

Paket ini bisa diaktifkan  langsung di *122*1# atau aplikasi MyIM3 atau diwww.indosatooredoo.com baik ketika masih di Indonesia baik di tempat tujuan.

 Smartfren

PT Smartfren Telecom Tbk. melalui divisi international roaming-nya, menghadirkan promo khusus kuota internet tanpa batas bernama Smartday Pass Arab Saudi. Paket roaming international Arab Saudi ini dihadirkan Smartfren bekerja sama dengan Zain Saudi.

Jika ingin memanfaatkan Promo Smartday pass Arab Saudi, para jemaah haji harus merogoh uang senilai Rp 150.000 dengan keuntungan kuota internet tanpa batas selama 14 hari.

Untuk dapat menikmati layanan ini, pertama pelanggan harus mengaktifkan layanan internasional roaming melalui aplikasi MySmartfren atau datang ke galeri Smartfren terdekat. Kemudian aktifkan fungsi internet roaming dan beli Promo Smart Day Pass Arab Saudi via aplikasi MySmartfren atau *128# sesaat sebelum meninggalkan Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper