Alibaba Luncurkan Cloud Computer Seukuran Telapak Tangan

Akbar Evandio
Kamis, 17 September 2020 | 21:56 WIB
Alibaba/alibabagroup.com
Alibaba/alibabagroup.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan komputasi awan, Alibaba Cloud meluncurkan Cloud Computer, yaitu perangkat komputer pribadi (PC) mini yang pertama dibuat Alibaba Cloud dalam gelaran Apsara Conference 2020

Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence mengatakan, komputer ini memiliki bentuk yang ringkas dengan hanya berukuran setelapak tangan dan memiliki berat kurang dari 60 gram.

“Dengan hanya menghubungkan Cloud Computer ke layar komputer, pengguna dapat mengakses sumber daya komputasi awan yang hampir tak terbatas, dengan model biaya berlangganan atau membayar sesuai penggunaan,” ujarnya dalam gelaran Apsara Conference 2020, Kamis (17/9/2020).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa komputer tersebut juga memiliki daya komputasi yang kokoh sehingga dapat mengurangi waktu rendering animasi satu frame beresolusi tinggi menjadi hanya 10 menit dari 90 menit dibandingkan menggunakan PC tradisional.

“Selain itu, pembaruan sistem Cloud Computer dapat dilakukan secara daring, menghemat sebagian besar biaya pembuatan dan perawatan mesin PC yang relatif mahal bagi kantor konvensional,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa melalui sistem protokol aplikasi streaming yang dikembangkan sendiri oleh Alibaba Cloud, dirancang untuk mensinergikan cloud dan perangkatnya, pengguna juga dapat membeli dan mengakses aplikasi dan program berlisensi seperti Linux dan Windows serta berbagai aplikasi kantor.

“Kami berharap Cloud Computer ini dapat membantu orang-orang mengakses daya komputasi yang tangguh kapanpun mereka membutuhkannya, sehingga mereka dapat melakukan tugas-tugas kompleks yang biasanya membutuhkan PC yang canggih dan kokoh, seperti untuk pengeditan video, rendering animasi, pengembangan perangkat lunak, dan layanan online bagi pelanggan, sekarang dapat diakses hanya dengan PC kecil di tangan,” katanya.

Namun, untuk tahap awal Cloud Computer hanya akan tersedia bagi pelanggan perusahaan. Dan dalam waktu dekat, Cloud Computer juga direncanakan akan tersedia untuk konsumen individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper