Sektor Startup Ini Bakal Jadi Primadona Investor pada 2021

Akbar Evandio
Rabu, 20 Januari 2021 | 19:48 WIB
Ilustrasi startup./olpreneur.com
Ilustrasi startup./olpreneur.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa sektor perusahaan rintisan (startup) diprediksi bakal menjadi primadona pendanaan dari investor pada tahun ini.

CEO Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro mengatakan tren investasi ke perusahaan rintisan Indonesia dinilai akan kembali agresif pada tahun ini. Vaksinasi virus corona dan Undang-Undang No. 11/2020 tentang Cipta Kerja dinilai sebagai pemicunya.

"Beberapa sektor yang berpeluang untuk tumbuh, yaitu bisnis-ke-bisnis elektronik [eB2B], beautytech, foodtech. Adapun, healthtech, edutech, logistik, dan eGrocery akan jadi primadona pendanaan tahun ini," kata Eddi, Rabu (20/1/2021).

Dia menambahkan fokus dari Mandiri Capital Indonesia pada tahun ini tetap menyasar pada fintech, termasuk remittance, insurtech, dan lainnya.

Setali tiga uang, Partner East Ventures Melisa Irene mengatakan ada beberapa sektor startup yang kebanjiran pendanaan pada tahun ini.

Pertama, dia menyebutkan fintech menjadi sektor potensial karena ada banyak masyarakat di Indonesia yang belum tersentuh layanan keuangan. Selain itu, penggunaan layanannya meningkat selama pandemi corona.

Fintech menjadi layanan nomor satu untuk bertransaksi," katanya melalui diskusi virtual.

Kedua, Melisa melihat platform dagang elektronik (e-commerce) akan tetap diminati pada 2021. Ketiga, sektor turunan seperti digitalisasi warung juga dia sebut tetap diminati investor.

Keempat, menurutnya pemodal tetap melirik sektor logistik lantaran perkembangan e-commerce memberi sentimen positif bagi sektor tersebut.

Terakhir, sektor pendidikan dan kesehatan juga diminati investor pada 2021. Pasalnya, kebutuhan pembelajaran daring dianggap masih diterapkan hingga keadaan mulai mereda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper