SIRCLO Akuisisi Orami, Ini Strategi Mereka ke Depan

Akbar Evandio
Jumat, 9 April 2021 | 10:11 WIB
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan rintisan e-commerce SIRCLO mengumumkan akuisisi atas Orami, platform parenting dengan menggabungkan commerce, content, dan community dalam satu aplikasi.

Founder dan Chief Executive Officer (CEO) SIRCLO Brian Marshal mengatakan kedua perusahaan memanfaatkan kekuatannya di bidang teknologi guna menyediakan layanan digital dari hulu ke hilir kepada merek dari berbagai skala untuk meningkatkan visibilitas, memperluas kategori produk, hingga menjangkau konsumen lebih banyak.

Dia melanjutkan melalui akuisisi ini, merek yang bekerjasama dengan SIRCLO dapat fokus pada aspek strategis bisnis saat terjun ke kanal e-commerce dan menyerahkan pengelolaan penjualannya kepada SIRCLO melalui solusi omnichannel yang dihadirkan.

“Aksi korporat ini dapat memperluas layanan enabler yang ditawarkan oleh kami untuk pemilik merek yang ingin memasuki pasar daring. Orami memiliki situs belanja daring yang memfasilitasi merek ternama dalam menjual produk kebutuhan ibu dan anak. Di sini, kami punya misi untuk menggabungkan kekuatan dalam membantu mereka berjualan dengan lebih strategis, terukur dan efisien,” katanya lewat rilisnya, Kamis (8/4/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan kesepakatan ini menggabungkan dua perusahaan yang sudah melayani lebih dari 100.000 mereka dari skala Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) hingga multinasional, serta menjangkau jutaan konsumen di 34 provinsi Indonesia.

Pada tahun lalu, SIRCLO mencatat lonjakan transaksi hingga 4 kali lipat yang didukung oleh perubahan perilaku konsumen selama pandemi Covid-19.

Dia mengatakan pengelolaan keuangan yang efisien membuat perusahaam berada di posisi yang profitable secara operasional di akhir 2020 dan dengan omzet gabungan mencapai Rp3,3 triliun.

Sementara itu, Orami merupakan platform parenting yang menggabungkan commerce, content, dan community di dalam satu ekosistem. Orami juga menjadi e-commerce vertikal dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 5 juta per bulan.

CEO Orami Ferry Tenka melihat sinergi kedua perusahaan sebagai peluang yang sangat besar untuk mengakselerasi pertumbuhan keduanya, serta dapat terus mengakomodasi kebutuhan brands maupun konsumen 

“Kemampuan Orami menjangkau konsumen secara luas selaras dengan yang selama ini telah dilakukan SIRCLO sebagai e-commerce enabler dengan infrastruktur dan jaringan ritel yang kuat. Banyak sekali potensi luar biasa yang bisa dieksplor, sehingga kami sangat senang bisa bergabung di keluarga besar SIRCLO,” ujarnya.

Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner di East Ventures mengatakan akuisisi Orami oleh SIRCLO adalah langkah strategis yang akan mengakselerasi kemampuan SIRCLO untuk melayani brand owner dan UMKM dengan lebih baik.

“SIRCLO berada di waktu dan posisi yang tepat di kancah transformasi digital. Kami menunggu gebrakan-gebrakan dari tim gabungan ini,” katanya.

Secara keseluruhan, penggabungan kedua perusahaan bertujuan untuk menjadi motor pemberdayaan bagi brands dari berbagai skala. Brands dapat berfokus pada pengembangan produk, sedangkan SIRCLO memperkuat proses penjualan end-to-end.

Aksi akuisisi Orami oleh SIRCLO akan menggabungkan hampir 1.000 karyawan, di mana Orami akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan layanan yang ditawarkan SIRCLO.

Ferry Tenka selaku CEO Orami akan mengambil posisi baru sebagai Chief Marketing Officer SIRCLO dan Hendrawan Kartika (President Orami) sebagai Chief Financial Officer SIRCLO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper