Jeff Bezos Lelang Kursi Penerbangan ke Luar Angkasa Bareng Blue Origin, Berminat?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 6 Mei 2021 | 13:37 WIB
Jeff Bezos dan Blue Origin/istimewa
Jeff Bezos dan Blue Origin/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan luar angkasa Jeff Bezos Blue Origin menargetkan Juli untuk penerbangan awak pertama, membuka lelang untuk kursi bagi mereka yang berminat terbang ke antariksa.

Blue Origin, berencana meluncurkan awak manusia pertamanya ke tepi luar angkasa pada tanggal 20 Juli di atas roket pariwisata ruang angkasa suborbitalnya, New Shepard, perusahaan itu mengumumkan pada hari Rabu.

Satu kursi di dalam penerbangan itu akan dilelang untuk mendukung yayasan Club for the Future.

"Kami menjual kursi pertama di New Shepard," kata Ariane Cornell, direktur penjualan astronot Blue Origin, dalam konferensi pers pada hari Rabu dilansir dari The Vege.

"Lelang adalah proses lima minggu-atau-lebih, tiga fase yang dimulai hari ini ... Siapa pun dapat masuk ke Blue Origin dot com dan mendaftar dan memulai penawaran mereka hari ini." tambahnya.

Cornell menolak untuk mengungkapkan berapa biaya tiket untuk terbang di New Shepard, roket setinggi 60 kaki yang dapat digunakan kembali yang dirancang untuk menembakkan kapsul berbentuk tetesan permen karet dengan kursi untuk enam ke tepi ruang untuk pengalaman 10 menit dalam gayaberat mikro.

Namun dia menyarankan lelang akan membantu mengukur minat pasar. Diminta perkiraan di mana Blue Origin berencana untuk menetapkan harga tiket, Cornell berkata "kita akan melihat apa tiket pertama pergi melalui lelang."

“Katakanlah, penawar paling aktif, mereka akan sangat jelas di radar kami, jadi ketika kami membuka tiket itu, kami akan tahu siapa yang harus dihubungi,” katanya, menambahkan akan ada "Beberapa lagi" penerbangan awak di akhir tahun.

Lelang, yang dikelola oleh RR Auction Company yang berbasis di Massachusetts, akan menerima tawaran anonim dan tersegel dengan harga berapa pun hingga 19 Mei di situs web Blue Origin.

Setiap tawaran yang ditempatkan setelah itu akan terlihat oleh publik (dan, tentu saja, harus melebihi tawaran tertinggi untuk maju dalam pelelangan). Kemudian akan ada lelang online langsung pada 12 Juni pukul 13.00 ET sebagai kesimpulan untuk menentukan pemenang lelang.

Blue Origin membuat pengumuman pada peringatan 60 tahun penerbangan pertama awak Amerika ke luar angkasa, memperkenalkan metode eksperimental terbaru industri luar angkasa dalam menjual tiket ke luar angkasa. Sejauh ini, pasar wisata luar angkasa hanya dimiliki oleh kaum ultra-kaya.

Perusahaan pariwisata antariksa saingan Virgin Galactic mengenakan biaya US$250.000 per kursi untuk penerbangan masa depan dengan pesawat ruang angkasa suborbitalnya, VSS Unity. Dan SpaceX dari Elon Musk telah memberikan kursi untuk perjalanan tiga hari di kapsul orbital Crew Dragon melalui kontes filantropi yang didanai oleh seorang miliarder, yang menyumbangkan US$100 juta dari uangnya sendiri dan berjanji untuk membantu mengumpulkan  US$200 juta lebih untuk amal.

Penerbangan awak pertama Blue Origin akan menjadi puncak dari pengujian roket selama lebih dari satu dekade, yang telah terhambat oleh penundaan - perusahaan awalnya berencana untuk mulai menjual tiket kursi pada tahun 2019, dengan tujuan untuk menerbangkan awak pertamanya pada tahun 2020.

Menurut syarat dan ketentuan lelang, kapsul untuk penerbangan awak perdana akan diberi nama "Kapsul Kru Langkah Pertama RSS" dan akan menyertakan astronot lain yang dipilih oleh Blue Origin. Cornell menolak untuk mengatakan bagaimana astronot lainnya akan dipilih atau apakah mereka akan menjadi karyawan perusahaan. Cetak halus tidak menyebutkan tanggal peluncuran 20 Juli seperti yang disebutkan dalam siaran pers tetapi mengatakan penerbangan "diharapkan berlangsung dalam enam (6) bulan setelah penutupan Lelang, dan Blue Origin akan terus memperbarui Astronaut sebagai untuk mengubah tanggal Penerbangan. "

Para astronot akan tiba di fasilitas peluncuran New Shepard Blue Origin di Van Horn, Texas empat hari sebelum lepas landas dan menjalani pelatihan selama tiga hari. Pelatihan tersebut mencakup mock-up kapsul yang akan digunakan untuk mempraktikkan skenario darurat, seperti cara menangani sistem pemadam kebakaran pesawat. Wisatawan luar angkasa tidak perlu mengetahui cara mengontrol kapsul secara manual karena seluruh perjalanan bersifat otonom dari peluncuran hingga pendaratan.

Eksekutif Blue Origin berlatih prosedur pasca-pendaratan setelah uji terbang tanpa awak perusahaan pada bulan April.

Cetak halus juga mencantumkan persyaratan fisik untuk astronot pemenang: penumpang harus memiliki berat antara 110 dan 223 lbs, dan harus memiliki tinggi antara lima kaki dan enam kaki, empat inci. Blue Origin akan melihat apakah mereka dapat membuka penerbangan bagi mereka yang memiliki cacat fisik, atau orang yang tidak memenuhi standar tersebut, di masa depan setelah beberapa penerbangan pertama, kata Cornell. Penumpang juga harus dapat menggunakan kekuatan hingga 3G selama beberapa menit selama pendakian (atau hingga tiga kali berat mereka), dan lima setengah kali berat mereka (atau 5,5G) “selama beberapa detik selama turun ke atmosfer.

New Shepard - dinamai menurut orang Amerika pertama yang memasuki luar angkasa, Alan Shepard - telah berhasil menerbangkan 15 tes sejak peluncuran pertamanya pada tahun 2015 tetapi tidak pernah terbang dengan awak di dalamnya. Penerbangan terbarunya, pada bulan April, berfungsi sebagai "latihan astronot untuk penerbangan pelanggan di masa mendatang". Eksekutif perusahaan memerankan astronot dan menjalani banyak tes pra-penerbangan tetapi meninggalkan kapsul sebelum lepas landas. Roket New Shepard yang terbang untuk misi itu, NS-15, akan digunakan kembali untuk menerbangkan Kapsul Kru Langkah Pertama RSS, kata Cornell.

Kapsul astronot Blue Origin disesuaikan untuk wisatawan luar angkasa - setiap kursi bersandar memiliki jendela besar yang membentang setinggi tiga kaki. Kursi juga dilengkapi dengan tombol push-to-talk sehingga penumpang dapat mengobrol dengan kontrol darat, serta layar berukuran tablet yang dipasang di perbatasan setiap jendela yang menampilkan data penerbangan langsung dan video dari peluncuran.

Di dekat ketinggian 65 mil setelah diluncurkan, kapsul tersebut terpisah dari New Shepard, yang mulai kembali ke darat dipandu oleh mesin roket tunggalnya. Sementara itu, kapsul menghabiskan waktu sekitar 10 menit mengapung dalam gayaberat mikro di mana atmosfer bumi berbatasan dengan ruang angkasa. Pada saat itu, penumpang dapat meninggalkan tempat duduknya dan mengapung di sekitar kapsul.

Setelah berjemur dalam 10 menit tanpa bobot, kapsul mulai jatuh kembali ke darat, mengerahkan tiga parasut untuk memperlambat kembalinya di gurun Van Horn, Texas, beberapa mil dari tempat New Shepard mendarat. Motor roket kecil di dasar kapsul menembakkan milidetik sebelum mendarat untuk melunakkan dampak touchdown. Enam kursi kapsul didukung oleh mekanisme seperti gunting yang dirancang untuk menyerap kejutan touchdown.

Ditanya selama konferensi pers seberapa besar minat New Shepard yang dilihat Blue Origin sejak menggoda pengumuman Rabu pekan lalu, Cornell berkata, "Saya dapat mengatakan bahwa situs web telah mendapatkan latihan dalam seminggu terakhir," menolak untuk memberikan rinciannya. “Jelas, kami berharap ini menjadi pendahulu yang baik untuk kegembiraan dan partisipasi dalam lelang pada 12 Juni.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper