Tokopedia Ungkap Tren Belanja Sepanjang Kuartal III/2022 

Khadijah Shahnaz
Rabu, 28 September 2022 | 14:05 WIB
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tokopedia merilis tren e-commerce domestik selama kuartal III/2022. Platform lokapasar GOTO itu mengungkap kategori rumah tangga dan makanan & minuman merupakan kategori paling dicari masyarakat Indonesia.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz mengatakan berdasarkan data internal Tokopedia, pihaknya mencatatkan Rumah Tangga, Makanan dan Minuman (Makmin), serta Kesehatan menjadi beberapa kategori paling dicari masyarakat Indonesia selama kuartal III /2022.

Dia menjelaskan pada  kategori Rumah Tangga meliputi benih/bibit tanaman, keran air dan pupuk menjadi sejumlah produk yang paling banyak diburu. Sedangkan pada kategori makmin produk seperti mie instan, susu bubuk serta biskuit, dan wafer adalah produk yang paling sering dibeli. 

"Di kategori Kesehatan ada masker, obat herbal dan vitamin menjadi beberapa produk yang paling laris," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (28/9/2022).

Rizky menjelaskan saat ini  Tokopedia juga masih menggencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging, untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat. Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga mencatat beberapa pertumbuhan tren pada kuartal III/2022.

Pertama, wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi berada di Banyuasin (Sumatera Selatan), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat) dan Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Kedua , wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi berada di Muaro Jambi (Jambi), Jenepoto (Sulawesi Selatan), dan Mappi (Papua Selatan).

Di sisi lain, Tokopedia melalui Tokopedia Salam terus berupaya menghadirkan ekosistem untuk memenuhi kebutuhan market syariah dengan menghadirkan produk, fitur dan layanan yang baik dan amanah.

Purworejo (Jawa Tengah), Tulungagung (Jawa Tengah), dan Kotawaringin Barat (Kalimantan Barat) merupakan beberapa daerah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia Salam.

Masih berkaitan dengan Tokopedia Salam, pada subkategori "Fesyen Muslim", beberapa produk yang paling diburu masyarakat mencakup hijab segi empat, baju koko pria, gamis wanita, manset dan hijab instan. Sedangkan di subkategori Perlengkapan Ibadah, mukena, tasbih, sajadah, baju ihram dan sarung menjadi sejumlah produk yang paling laku.

“Fitur pembayaran zakat, wakaf dan donasi menjadi beberapa fitur yang paling banyak digunakan masyarakat lewat Tokopedia Salam sepanjang kuartal III 2022,” tutup Rizky. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper