Kontribusi Telkom Menjaga Kualitas Telekomunikasi Presidensi G20  

Media Digital
Senin, 21 November 2022 | 18:40 WIB
Foto: Kontribusi Telkom Menjaga Kualitas Telekomunikasi Presidensi G20
Foto: Kontribusi Telkom Menjaga Kualitas Telekomunikasi Presidensi G20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Forum multilateral Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung selama dua hari di Nusa Dua, Bali telah sukses terselenggara. 

Keseluruhan sukses penyelenggaraan acara ini didukung oleh peran kolaborasi dari banyak pihak, yakni pemerintah, BUMN maupun perusahaan swasta, pelaku industri dan tentunya masyarakat.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) sebagai penyedia layanan infrastruktur telekomunikasi, platform dan layanan digital selama perhelatan Presidensi G20 mampu memberikan kontribusi terbaiknya saat konferensi yang dihadiri para pemimpin negara tersebut.

Kolaborasi Telkom Group untuk menyediakan layanan infrastruktur telekomunikasi terdiri dari infrastruktur jaringan domestik termasuk gateway internasional melalui Manado Gateway dan Batam Gateway untuk mengantisipasi tingginya trafik di lokasi.

Menjadi lokasi pusat pelaksanaan acara, di lima venue utama KTT G20, Telkom Group menyiapkan internet sebesar 11,2 Gbps, Wifi 777 AP, Telkomsel 29 BTS dan Metro 1 Gbps.

Selain memastikan layanan prima, Telkom juga menjamin SLG 99,9 persen dengan maximum resolution time penanganan gangguan jaringan yang diamankan langsung oleh personil satgas dengan pengawalan 24/7 serta menjamin keamanan pengguna.

Pengawalan tersebut mencegah adanya gangguan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh peserta yang hadir di lokasi. Keandalan layanan infrastruktur Telkom dapat dirasakan oleh stakeholder maupun masyarakat selama acara berlangsung.

ICT Manager PT. Pactoconvex Niagatama, Ardian Pangasto sekaligus Koordinator IT Lapangan yang mewakili PT Pacto sebagai PCO penyelenggaraan KTT G20, menyampaikan pengalamannya selama berkolaborasi dan menggunakan layanan internet Telkom sepanjang acara di Nusa Dua.

“Selama persiapan infrastruktur jaringan, komunikasi menjadi hal paling penting. Tim Telkom dapat menjaga komunikasi dan berkoordinasi dengan baik serta sangat fleksibel, ini hal yang penting,” kata Ardian.

Menurut Ardian, dinamika di lapangan selalu ada terutama menjelang hari-H. Namun dirinya bersyukur tim Telkom sangat responsif dalam segala situasi. Ardia menambahkan banyak lokasi prioritas yang bisa terpantau dengan aman sehingga dirinya merasa sangat puas dengan kerja sama ini.

Salah satu titik lokasi yang cukup penting saat KTT G20 adalah Media Center. Sebagai pusat berkumpulnya jurnalis dari seluruh negara anggota G20 maupun media nasional, Media Center memerlukan akses internet cepat dan jaringan yang kuat. 

Diperkirakan ada sekitar 2000 jurnalis yang berkumpul untuk dapat menyaksikan rangkaian acara KTT B20 dan KTT G20 yang disiarkan secara relay di layar yang tersedia di dalam ruangan Media Center.

Ramainya aktivitas yang dilakukan oleh para media untuk dapat menyebarkan berita terbaru secara real time melalui berbagai kanal menyebabkan tingginya traffic penggunaan internet di lokasi.

Namun tim Telkom telah berhasil mempertahankan kualitas internet yang andal sekaligus mengerahkan personil khusus untuk mengawal Media Center agar tidak terjadi gangguan.

Robert, salah satu jurnalis dari France 24 Arabic Channel menyampaikan kesan dan pengalamannya yang baik dalam menggunakan layanan telekomunikasi di area lokasi pelaksanaan G20.

“Saya tinggal di Tokyo dan datang kesini untuk meliput G20. Kecepatan internet di sini sangat baik, sangat cepat dan staf yang bertugas juga sangat ramah. Saya sangat puas dengan pelayanan yang diberikan,” ujarnya.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan Telkom terus berupaya memberikan kualitas layanan telekomunikasi yang andal dan memberikan customer experience terbaik dalam setiap momen melalui berbagai inovasi.

“Menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi kami dapat turut berkontribusi menyukseskan rangkaian kegiatan presidensi hingga perhelatan KTT G20. Terima kasih atas kerja keras dan kerja cerdas seluruh insan Telkom Group, dukungan dari Kementerian BUMN serta kerja sama yang baik dari seluruh pihak,” ujar Ririek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper